Rabu, 19 Feb 2020

Digigit Anjing, Warga AS Ajukan Tuntutan Selangit

Senin, 26 Mei 2014 00:00 WIB
New York (SIB)- Seorang warga Manhattan mengajukan tuntutan dengan nilai selangit terhadap Kota New York, beberapa warga, hingga warung kopi. Ungkapan "tuntutan dengan nilai selangit" yang diajukan Anton Purisima, pria berusia 62 tahun, bukan sebuah metafora. Dalam dokumen tuntutan yang terdaftar 11 April lalu, Anton Purisima meminta Kota New York dan beberapa pihak lain untuk membayar uang sebesar US$ 2 triliun triliun triliun.

Tuntutan Purisima jika dituliskan menjadi US$ 2.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000, yang mungkin tidak muat dalam kolom angka di buku cek apa pun. Selain menuntut Kota New York, Purisima juga menuntut Kafe Au Bon Pain, Hoboken University Medical Center, Bandara LaGuardia, KMart, Otoritas Transportasi Kota New York, dua rumah sakit lokal, dan seorang pemilik anjing.

Purisima mengajukan tuntutan setelah jari tengahnya terluka dan terinfeksi akibat digigit anjing yang diduga terjangkit rabies saat berada di dalam bus kota. Purisima juga memasukkan foto jari tengahnya yang terluka akibat digigit anjing. Dia juga menuntut dua orang keturunan Tionghoa yang memotretnya tanpa izin saat sedang menerima pengobatan di rumah sakit lokal. Sedangkan Bandara LaGuardia dituntut karena mengaku kerap mendapat tagihan berlebih saat membeli kopi di sana.

Dalam tuntutannya, Purisima menyebut rasa sakit dan kerusakan yang dideritanya tidak bisa diukur dengan uang dan itulah mengapa disebut "tak bernilai". Dalam dokumen tuntutan setebal 22 halaman, Purisima yang mewakili dirinya sendiri sebagai seorang pengacara memasukkan beragam tuduhan, dari pelanggaran hak sipil, penipuan, diskriminasi, hingga percobaan pembunuhan. Meski apa yang diinginkan Purisima terlihat cukup sulit dicerna, beberapa tuduhan yang diajukannya cukup jelas.

Jika dihitung-hitung lagi, tuntutan Purisima itu setara dengan produk domestik bruto Amerika Serikat selama lebih dari 225 tahun mendatang. Jika Purisima jadi dibayar dengan recehan, akan ada 301 kantung yang masing-masing cukup tinggi untuk mencapai Saturnus. Tuntutan Purisima benar-benar setinggi langit.

Tapi itu bukanlah tuntutan nyeleneh Purisima yang pertama. Dalam empat tahun terakhir, Purisima pernah mengajukan tuntutan hukum terhadap Republik Rakyat Cina dan beberapa bank besar seperti Wells Fargo, JP Morgan, dan Wachovia. (tempo.co/h)
T#gs
Berita Terkait
    Komentar
    Komentar
    Silakan Login untuk memberikan komentar.
    FB Comments