Sabtu, 04 Apr 2020
  • Home
  • Serbaneka
  • Animasi Indonesia Gandeng Disney di Kancah Internasional

Animasi Indonesia Gandeng Disney di Kancah Internasional

Redaksisib Minggu, 02 Februari 2020 19:13 WIB
depokpos.com

Film animasi Battle of Surabaya yang sempat dilirik Disney

Jakarta (SIB)
Animator Indonesia harus lebih bergiat dalam melahirkan karya animasi. Meski mengandalkan imajinatif, membuat film animasi memerlukan biaya di atas memroduksi film biasa. ‘Si Juki The Movie’ contohnya menghabiskan lebih Rp9 miliar. Jumlah serupa dapat membuat film biasa.

Sekretaris Jendral Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI) Eka Chandra mengatakan hal tersebut di Jakarta, Kamis (29/1).

Menghadapi tantangan besar namun animator harus terus berkreasi dan mencari pasar. Satu di antaranya menggandeng Dinsey.

"Secara industri kita memang baru mulai. Kalau perkembangannya dari data BPS dan Bekraf itu 10 persen growth-nya dan kita dari AINAKI, kita cukup banyak berkolaborasi dari ASEAN, Malaysia, Singapura kemudian teman-teman dari Eropa dan juga yang lain," ujarnya dalam acara kolaborasi E-Motion Entertainment x AINAKI di Jakarta.

Menurutnya, AINAKI memiliki tugas banyak dengan pertumbuhan tersebut mengingat permintaan akan konten yang kian bertambah.

Sejak berdiri tahun 2004, AINAKI memiliki 80 anggota yang terdiri dari studio, institusi pendidikan, profesional dan partner perusahaan.

AINAKI juga memiliki katalog IP atau intellectual property lokal yang berjumlah lebih dari 70 bahkan IP yang diciptakan oleh anggota AINAKI menarik perhatian Disney Indonesia.

"Secara pengembangan IP, butuh biaya yang enggak kecil kalau animasi, kita masih dalam proses ke arah sana, dibantu pemerintah termasuk E-Motion Entertainment," jelas Eka sambil mengajak investasi lokal untuk menyuburkan industri animasi Tanah Air. (T/Ant/R9/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments