Selasa, 04 Agu 2020
  • Home
  • Sekolah
  • Tahun Ajaran Baru, Disdik Kota Medan Ingatkan Sekolah Masih Tetap Belajar Online

Tahun Ajaran Baru, Disdik Kota Medan Ingatkan Sekolah Masih Tetap Belajar Online

Senin, 13 Juli 2020 18:40 WIB
today.line.me

Ilustrasi

Medan (SIB)
Dinas Pendidikan Kota Medan memutuskan pada tahun ajaran baru 2020/2021, masih memberlakukan sistem pembelajaran dalam jaringan (Daring) atau online dan luar jaringan (Luring).

"Belajar efektif TA baru tingkat SD maupun SMP di lingkungkan Disdik Kota Medan akan dimulai pada 13 Juli 2020, namun dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM) masih sistem Daring. Artinya belum ada sekolah yang boleh tatap muka," kata Kasi Kurikulum Kesiswaaan , Hamzah Harahap kepada SIB di Medan, Sabtu (11/7).

Hamzah mengatakan persiapan mengenai teknis materi pembelajaran sepenuhnya diserahkan kepada musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), termasuk cara menyiasati peserta didik yang belum memiliki perangkat penunjang sekolah sistem daring.

"Sekolah diberi kepercayaan untuk melakukan KBM Daring maupun Luring. Dan biasanya kalau yang tidak ada gadget, guru akan kunjungan ke rumah siswanya. Kalau tidak siswa tersebut bisa melihat ke temannya," katanya.

Dikatakan Hamzah, kebijakan ini mengikuti pedoman regulasi yang disampaikan Mendikbud dan Wali Kota Medan, artinya sebelum ada keputusan belajar tatap muka maka sekolah tidak dibenarkan melakukan sekolah tatap muka.

"Kita akan monitoring ke sekolah-sekolah mulai awal pekan depan, jika ada sekolah yang kedapatan membuka sekolah maka itu telah melanggar regulasi SE yang telah dikeluarkan Disdik. Jadi harapan kita baik masyarakat maupun media bisa bekerjasama dalam melakukan pantauan dan berharap segera melaporkan kepada Disdik jika ada yang ketahuan melakukan sekolah tatap muka," katanya.

Dia memastikan bahwa belajar online pada tahun ajaran baru tidak akan mengalami kendala karena sudah diterapkan sejak awal pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di masa pandemi Covid-19.

"Jika melihat pengalaman beberapa bulan ini , tentunya Disdik sudah melakukan sejumlah evaluasi agar pembelajaran ini tetap efektif dan efisien. Jadi kita yakin tidak ada kendala dalam belajar online. Hanya saja kita imbau Kepala Sekolah agar tetap melakukan evaluasi-evaluasi terhadap metode , teknis yang digunakan, seperti finishing soal materi pembelajaran, video-video pembelajaran, termasuk modul-modulnya hingga memberikan pelatihan kepada guru-gurunya. (M20/d)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments