Selasa, 12 Nov 2019
  • Home
  • Sekolah
  • Syamsul Arifin Kukuhkan 72 Siswa SMAN 2 Lintongnihuta Angkatan VIII

Syamsul Arifin Kukuhkan 72 Siswa SMAN 2 Lintongnihuta Angkatan VIII

admin Rabu, 07 Agustus 2019 21:38 WIB
SIB/Frans Simanjuntak
KUKUHKAN : Mantan Gubernur Sumut Syamsul Arifin bersama Sekdakab Humhas Tonny Sihombing dan Kacabdis Pendidikan Wilayah Humbahas Taput Samsul Purba mengukuhkan 72 siswa SMA Negeri 2 Lintongnihuta Humbahas, ditandai dengan penyematan jas kepada perwakilan siswa baru tahun ajaran 2019/2020, di Lapangan SMA Negeri 2 Lintongnihuta, Desa Siponjot, Senin (5/8).
Humbahas (SIB) -Mantan Gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin Silaban bersama Sekdakab Humbang Hasundutan (Humbahas) Tonny Sihombing dan Kacabdis Pendidikan Wilayah Humbahas Taput Samsul Purba mengukuhkan 72 siswa SMA Negeri 2 Lintongnihuta Humbahas angkatan VIII, Senin (5/8), di lapangan SMAN 2 Lintongnihuta Desa Siponjot, disaksikan para orangtua dan undangan.

Pengukuhan siswa baru Tahun Ajaran 2019/2020 tersebut diawali upacara nasional, pembacaan rekapitulasi jumlah siswa serta ditandai dengan penyematan jas kepada perwakilan siswa baru dan pembacaan catur prasetia siswa baru. Dalam acara itu juga ditampilkan atraksi seperti kreasi PBB, tari Papua, tari kipas, tari budaya nusantara dan tortor yang mengundang decak kagum para undangan terlebih para orangtua siswa.

Hadir juga pada pengukuhan itu, Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit, tokoh masyarakat Sumut Sanggam SH Bakara, Ketua Yayasan Turiang Gabe Boni, Pantun Panggabean, Plt Asisten Pemerintahan Humbahas Makden Sihombing, Plt Kadis Pendidikan Humbahas Jonny Gultom, Kadis Kominfo Hotman Hutasoit, mewakili Kadis Pendidikan Sumut James Siagian, Ketua Komite SMA Negeri 2 Lintongnihuta Edison Silaban, para Kepala SMA/SMK Humbahas dan Taput, orangtua siswa dan undangan lainnya.

Syamsul Arifin selaku pemrakarsa berdirinya SMAN 2 Lintongnihuta menyampaikan terimakasih kepada semua pihak karena sekolah masih bertahan hingga tahun ke delapan dan kualitasnya semakin hari semakin baik dan meningkat. Itu terbukti dari alumni yang sudah tersebar di sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit di Indonesia.

Namun di sisi lain, Syamsul mengaku cukup prihatin melihat kondisi gedung-gedung dan bangunan sekolah yang sudah mulai tidak dirawat. Untuk itu, dia berencana mengajak rekan-rekannya, pemerintah provinsi dan kabupaten, pihak sekolah dan pengurus yayasan untuk membenahi dan memperbaikinya.

"Masuk di SMA ini tidak gampang. Seperti yang saya dengar tadi, dari ratusan orang yang mendaftar, hanya 72 orang yang diterima. Berarti kualitas sekolah ini delapan tahun sudah makin baik. Saya sebagai penggagas berdirinya sekolah ini ikut bertanggungjawab penuh untuk memajukan sekolah ini," kata Syamsul.

Lebih lanjut mantan Bupati Langkat ini mengajak seluruh hadirin di tempat itu untuk sama-sama membangun daerah itu dengan mendukung program pemerintah daerah khususnya dalam bidang pertanian.

"Orang Batak jangan berpikir merantau. Mari bangun kampung ini. Bupati Humbahas sedang menggalakkan pertanian. Tadi saya dengar penjelasan dari pak Sekda dan Sanggam Bakara, bupati sangat serius membangun daerah ini, khususnya sektor pertanian. Saya berdoa beliau duduk kembali untuk dua periode," sebut Syamsul.

Sementara kepada para siswa yang baru dikukuhkan, Syamsul menyampaikan pesan agar selalu patuh kepada orangtua. Tetap disiplin dan tidak mengkhianati pemimpin dan imannya.

"Anakku, untuk menjadi orang pintar adalah anak yang patuh kepada orangtua. Kalau tidak patuh, pasti akan bodoh. Selalu membaca buku dan alam. Selalu berdiskusi dengan teman, kakak kelas dan guru. Dan satu lagi, kata kuncinya adalah disiplin. Jalan masih panjang untuk masa depanmu. Kami tidak mau engkau gagal. Tapi kami akan bersukacita apabila kalian sukses. Jangan menjadi Judas, karena Judas itu mengkhianati pemimpinnya. Pemimpin yang sejati adalah iman. Jadi, jangan khianati iman, karena apabila dikhianati, maka kalian akan gagal," pungkasnya.

Sementara itu, Sekdakab Tonny Sihombing saat membacakan sambutan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor menyampaikan, sebagai sekolah yang diproyeksikan menjadi sekolah unggulan diharapkan SMA Negeri 2 Lintongnihuta mampu menerapkan delapan standar pendidikan Indonesia sesuai ketentuan PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang meliputi standar kompetensi lulusan, isi, proses, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan pendidikan, pembiayaan pendidikan dan standar penilaian pendidikan.

Lebih lanjut disampaikan, melihat jumlah persentase lulusan sekolah itu yang masuk ke PTN sebanyak 30 orang dan 9 orang di antaranya masuk ke PTN favorit di Indonesia, diharapkan menjadi motivasi bagi para siswa untuk lebih giat belajar dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

"Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan mengimbau Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar lebih memerhatikan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan yang tersedia di SMA Negeri 2 Lintongnihuta. Saya juga minta kepada para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah ini agar benar-benar memberikan pembinaan mental dan pendidikan karakter sehingga mereka menjadi manusia yang beriman, berbudi pekerti serta berperilaku yang baik dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggungjawab," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Turian Gabe Boni SMA Negeri 2 Lintongnihuta, Pantun Panggabean mengharapkan perhatian Pemkab Humbahas dan Pemprovsu dalam hal kemajuan sekolah tersebut. Pantun pun meminta kesediaan Syamsul Arifin dan Sanggam Bakara untuk menjadi ketua pembina yayasan tersebut.

Terpisah, usai acara pengukuhan, Sanggam Bakara menyampaikan terimakasih kepada Syamsul Arifin yang sudah memberikan perhatian mulai memprakarsai hingga berdirinya sekolah itu sampai sekarang. Sanggam juga menyampaikan terimakasih kepada Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor yang telah banyak memberikan perhatian terhadap kamajuan Humbahas khususnya kemajuan sekolah tersebut.

"Saya yakin, SMA Negeri 2 Lintongnihuta ini tidak kalah dengan SMA plus di Indonesia. Itu dapat dilihat dari persentase siswanya yang masuk PTN favorit. Kita juga harus bersyukur atas segala perhatian bapak Syamsul Arifin yang telah bersedia membenahi fasilitas sarana dan prasarana sekolah ini," katanya. (BR8/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments