Jumat, 05 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran

SMPN 3 Kisaran Raih Penghargaan Adiwiyata

Rabu, 12 Februari 2014 20:09 WIB
Kisaran (SIB)- SMPN 3 Kisaran berhasil meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata (Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan) Nasional Tahun 2013. Adiwiyata merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk mendorong terciptanya pengetahuan serta kesadaran sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

“Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup RI Balthasar Kambuaya didampingi Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim, Jumat 20 Desember 2013 di hotel Grand Sahid Jakarta,” ucap Kepala SMPN 3 Kisaran Malanton Lahadhe Hasibuan SPd MSi dalam perbincangan kepada SIB, Senin (10/2/2014) di ruang kerjanya.

Dikatakan, sekolah peduli dan berbudaya lingkungan berarti sekolah menerapkan budaya lingkungan di sekolah yang dimulai dari menanam pohon, memanfaatkan sampah daur ulang seperti daun menjadi kompos.

“Sedangkan sampah dari plastic, kertas dan sejenisnya menjadi kerajinan tangan,” jelasnya.

Dikatakan lagi, dalam meraih penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup tersebut melalui beberapa tahapan dimulai dari tingkat kabupaten, provinsi kemudian pusat.

“Penilaian berlangsung fair, hal ini dapat dilihat dari team yang langsung datang dari Jakarta, mengambil sendiri kamar hotel padahal telah disiapkan kantor Lingkungan Hidup Asahan,” sebutnya.

Dalam aksi menanam pohon, tambah dia, SMPN 3 Kisaran tidak hanya menanam pohon di lingkungan sekolah saja tetapi ikut diluar sekolah seperti alun-alun/hutan kota Kisaran, Pos Polisi Kisaran Kota, Masjid Al Jihad Mutiara, Gereja Bethtel Mutiara, Kantor Lurah Selawan.

“Kegiatan aksi menanam pohon di luar lingkungan sekolah dilakukan siswa/i pecinta lingkungan. Kalau di kampus mereka dikatakan seperti Mapala,” pungkasnya. (MS/BR4/c)
T#gs
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments