Sabtu, 08 Agu 2020

Meski KBM Masih Online

SMAN 13 Medan Tetap Terlihat Asri

redaksisib Senin, 20 Juli 2020 18:41 WIB
SIB/Evy Daeli

ASRI: Suasana di SMAN 13 Medan terlihat asri dan bersih, Senin (30/6). 

Medan (SIB)
Setelah pekan lalu berkunjung ke sekolah SMAN 5 dan SMA N 2 Medan,kali ini giliran SMA N 13 Medan (dekat Kanal) mendapat kunjungan silaturahmi dan penyuluhan tentang fungsi Pers/Wartawan dan Media massa dari Tim Biro 1 SIB Medan bersama Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) Emas, Kamis (5/3) di Jalan Karya Bersama,Kelurahan Titi Kuning Medan Johor.Kehadiran rombongan SIB disambut oleh Kepala Sekolah SMAN 13 Medan Mukhlis SPd yang didampingi Wakilnya Marison Marbun,sembari mengiring rombongan SIB bertemu siswa-siswi SMAN 13 Medan di tempat yang sudah disediakan.

Rombongan Harian SIB terdiri dari Wakil Ketua III Panitia HUT SIB sekaligus Wakil 3 Pemred SIB Anton Panggabean SE MSi, Wakil Ketua IV yang juga Kepala Biro Redaksi SIB Wil 1 Medan Martohap Simarsoit SH dan Sekretaris Biro Risdarna Purba SE.
Selanjutnya wartawan senior Drs Piktor Sinaga, Danres Saragih SSi, Horas Pasaribu SSos, Roland Tambunan SE, Fernandez Silaban SPd, dan Evy Claudia Daeli SSos.

Kepala SMAN 13 Medan, Mukhlis menyampaikan terimakasihnya dan mengapresiasi Harian SIB yang sangat membantu dalam menyebarluaskan informasi terkini dan teraktual terutama berita bidang pendidikan.Ia mengatakan bahwa SIB salah satu media yang sangat membantunya dalam meningkatkan karirnya hingga sampai saat ini. Dan sejak usia muda ia sudah membaca SIB terutama memberikan informasi adanya lowongan kerja.

"Saya pembaca setia dari muda sampai sekarang.Banyak informasi yang saya dapat dari SIB ini.Harian SIB sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi yang aktual dan akurat. Saya bangga dan bersyukur sekolah yang saya pimpin mendapat kunjungan dari SIB sekaligus murid murid mendapat ilmu yang tidak diperoleh dari bangku sekolah yaitu tentang pers dan media massa. Semoga SIB dan SMA N 13 semakin maju dan berkembang. Banyak berita positif tentang sekolah kami yang diekspos di SIB. Itu membuat kami tidak bisa mau melepas kerja sama yang baik seperti ini,"kata Muklis putra kelahiran Aceh yang meniti karier di Sumut.

Dia menjelaskan, kehadiran Harian SIB di SMAN 13 Medan dalam mensosialisasikan tentang fungsi pers dan media mssa memberikan warna baru untuk siswanya , karena menambah wawasan ilmu peserta didiknya untuk semakin cerdas dalam menggunakan sosial media terlebih dalam menyaring berita agar tidak terjebak dalam berita-berita miring.Kemudian memberikan pemahaman agar lebih bijak tentang pentingnya menjauhkan perilaku negatif ,jika tidak ingin terjerat hukum.

"Kami sangat bangga kedatangan orang-orang hebat di sekolah ini, tentu harapan saya program 'Goes to School' ini terus berkelanjutan, selain akan tetap setia berlangganan kami juga berharap SMAN 13 Medan dapat diterima berkunjung ke Harian SIB untuk mengetahui lebih jelas lagi bagaimana sebenarnya aktifitas wartawan hingga percetakan sampai terbitnya Surat Kabar Harian (SKH) Harian SIB setiap harinya,” kata dia.

Tidak dipungkiri, banyak nama sekolah maju dan berkembang sampai dikenal khalayak ramai karena pemberitaan media. Jadi sebagai pelayan publik, kami siap menjadi mitra kerja Harian SIB dalam memberikan informasi kegiatan-kegiatan sekolah, bahkan kami berharap diijinkan agar karya tulis maupun ilmiah peserta didik kami bisa diekspos. Sebab bagaimanapun media cetak masih sangat dibutuhkan di dunia pendidikan terlebih pada tugas jurnalnya. Saya terus berdoa agar SIB semakin sukses dan jaya," kata Muklis .

Wapemred 3 SIB Anton Panggabean menyampaikan pemahaman tentang ilmu jurnalistik dan fungsi pers maupun media, serta memotivasi siwa untuk lebih siap berkompetisi, mengembangkan kreativitas dengan memanfaatkan teknologi.

"Pertama kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Kepala Sekolah dan pimpinan di SMAN 13 Medan yang sangat kita banggakan. Sebagai orang tua dan insan pers, kedatangan Harian SIB selain bersilaturahmi, kita mengajak dan memotivasi adik-adik untuk lebih meningkatkan kreativitas dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi, sehingga kita mampu berkompetisi menghadapi kemajuan zaman," kata Anton.

Mantan anggota DPRD Medan ini juga mengajak siswa untuk selalu 'melek' informasi dengan mengakses berita yang paling aktual dan terpercaya. Harian Sinar Indonesia Baru, salah satu media nasional tertua di Sumut merupakan parameter berita. Selain media cetak, juga dapat diakses melalui website www.hariansib.com dan SIB e-paper yang dapat diakses melalui online.

Kata Anton, tidak hanya menyediakan informasi umum, Harian SIB sangat concern (peduli) dengan dunia pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan dimuatnya pemberitaan seputar dunia pendidikan (sekolah) di dua halaman sekaligus yang terbit pada hari Senin dan Rabu."Untuk itu, kami juga menerima saran dan masukan, serta menampung aspirasi dan memfasilitasi kreatifitas adik-adik, baik itu berbentuk puisi, Cerpen maupun berita,''sambung Anton. Atas nama pimpinan dan Harian SIB, kami mengucapkan terima kasih kepada adik-adik, guru-guru, khususnya kepala sekolah dan guru-guru di SMAN 13," ujar Anton seraya menyebut yel-yel Smantilas yang dijawab Praktis...Praktis.

Sementara Kepala Biro SIB Medan Martohap Simarsoit bercerita tentang wartawan dan media massa yang keberadaannya dilindungi Undang Undang Pers serta KodeEtik Jurnalistik. Ia menjelaskan salah satu fungsi pers dan media sebagai sosial kontrol,disamping sebagai informasi,pendidikan untuk pencerahan dan kecerdasan.

Dalam sesi tanya jawab yang sekaligus dipandu Martohap , tampak semakin menarik, yang terlihat dari respon para siswa-siswi sangat antusias mengajukan pertanyaan pertanyaan berkualitas setelah mendengarkan pemaparan yang disampaikan Anton dan Martohap. Suasana interaktif semakin terasa ketika puluhan siswa melontarkan pertanyaan seputar tentang wartawan,
keberadaan koran dengan kehadiran media online. Pertanyaan pertanyaan itu menunjukkan ditingkat siswa siswi SMA N 13 juga sudah peduli tentang pers/watawan dan media massa.Semua pertanyaan itu dilayani Anton dan Martohap secara bergantian.

Dalam pemaparannya, selain menerangkan fungsi pers dan media massa, Martohap sempat menyinggung soal 'persaingan' media, dimana saat ini media cetak berada dalam 'gempuran' media daring (online). Namun Martohap optimis selama wartawan berada di jalur kode etik jurnalistik yang tugasnya dilindungi Undang Undang Tentang Pers no 40 Tahun 1999, akan tetap eksis lantaran media cetak telah memiliki 'tempat' dihati pembacanya.

"Soal kecepatan informasi, kehadiran media online (digital) diakui menjadi ‘saingan’ dan sangat berdampak terhadap keberadaan media cetak. Tetapi jika ditelaah lebih dalam, sesungguhnya media cetak lebih lengkap menyajikan berita yang disiarkan ke publik. Media cetak itu juga lebih akurat pada isinya dan mendalam karena wartawan dan editor (redaksi) memiliki waktu lebih panjang untuk kesempatan konfirmasi, cek and ricek guna melengkapi informasi latar (background information) sebelum disiarkan ke publik,” kata Martohap.

Oleh karenanya, kedatangan Tim Harian SIB ke SMAN 13 Medan bisa memberikan warna baru serta pemahaman yang mencerdaskan untuk memilih media dan mengkonsumsi berita yang bukan hoax.

Sebelum mengakhiri acara,kepada para siswa siswi Kepala Biro Medan I Harian SIB Martohap Simarsoit tak lupa menyampaikan salam hangat dari Ibu Pemimpin Umum SIB R Br Hutagalung(Ny Alm DR GM Panggabean) serta salam dari Pemred SIB GM Immanuel Panggabean BBA.
Kemudian dilanjutkan pemberian cendramata dari SIB diwakili Wapemred 3 Anton Panggabean kepada Kepala SMA N 13 Muklis dan foto bersama,setelah di awal acara dibagikan souvenir bagi siswa siswi yang hadir di ruangan tersebut.(M19/M20/c)
T#gs MedanSMAN 13Terlihat AsriSekolah
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments