Kamis, 19 Sep 2019
  • Home
  • Sekolah
  • Pertama di Indonesia, Kompetisi Matematika Secara Online

Pertama di Indonesia, Kompetisi Matematika Secara Online

admin Rabu, 11 September 2019 13:31 WIB
Jakarta (SIB) -Untuk pertama kali di Indonesia digelar Kompetisi Matematika secara online. Kompetisi bertaraf nasional bertajuk Eduversal Mathematics Competition (EMC) 2019 ini akan diselenggarakan pada Oktober-November mendatang.

Menurut Direktur Edukasi Universal (Eduversal) Indonesia Dwi Prajitno, pendaftaran EMC sudah dibuka sejak 1 Juli dan berakhir pada 5 Oktober mendatang. Pendaftaran dilakukan secara online.

"Ajang EMC akan berlangsung pada Oktober dan November 2019. Sedangkan pemberian penghargaan untuk para pemenang akan dilaksanakan pada Februari 2020," terang Dwi di Jakarta, Kamis (5/9).

Dia menyebutkan, kompetisi ini sangat berbeda dengan lomba lainnya. Dalam EMC, semua siswa kelas 5-11, bahkan kesetaraan bisa mendaftar. Tidak harus utusan sekolah, tapi bisa secara pribadi.

Uniknya lagi, kompetisinya dilakukan per level. Misalnya, kelas 5 diadu dengan selevel, bukan tingkat 6 sampai 11. Dengan demikian, siswa lebih bersemangat untuk menguji kemampuannya.

Dijelaskan Dwi, kompetisi matematika online nasional yang diselenggarakan Eduversal secara serentak, dirancang untuk menarik minat para siswa terhadap mata pelajaran matematika dengan sistem kompetisi online. Dilaksanakan dengan menggunakan PC atau laptop yang dilengkapi dengan webcamp.

"EMC dihadirkan sebagai langkah awal untuk menumbuhkan ketertarikan para siswa di Indonesia terhadap matematika yang selama ini masih dianggap pelajaran menyulitkan. Kami targetkan minimal 2000 siswa akan ikut kompetisi ini," ucapnya.

EMC diselenggarakan melalui dua tahap, penyisihan dan final. Dalam setiap tahapnya tersedia hadiah untuk para pemenang. Adapun pembagian hadiahnya tahap penyisihan Rp 500 ribu untuk 10 besar pada tiap level kelas.

Tahap final-final juara 1 Rp 5 juta, juara 2 Rp 3 juta, juara 3 Rp 2 juta. Dan, honorable mention Rp 1 juta (pada tiap level kelas).
"Semua soal dibagi menjadi tiga, easy, medium dan hard. Yang hard level soalnya seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN). Di final 50 persen soal hard, sisanya medium dan easy," tandasnya.

Dia berharap ajang EMC menjadi kompetisi matematika online yang bergengsi di Indonesia. (jpnn/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments