Kamis, 19 Sep 2019
  • Home
  • Sekolah
  • Pemkab Humbahas Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah

Pemkab Humbahas Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah

admin Rabu, 11 September 2019 13:29 WIB
SIB/Dok
SERAHKAN : Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora secara simbolis menyerahkan alat komunikasi informasi dan edukasi (KIE) sekolah sehat kepada Febriana dalam acara kegiatan penerapan PHBS di Humbahas bertempat di Pendopo Bukit Inspirasi, Rabu (4/9).
Humbahas (SIB) -Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Lembaga Kemanusiaan Heartindo melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas guru untuk penerapan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) sekolah di Kabupaten Humbahas di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul, Rabu (4/9).

Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora dalam sambutannya menjelaskan PHBS merupakan sekumpulan perilaku yang selalu dipraktekkan peserta didik, guru dan masyarakat di lingkungan sekolah. Sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.

Berdasarkan data BPS (badan pusat statistik) di Sumut, jumlah anak Sekolah Dasar sebanyak 1.852.913 siswa. Sedangkan jumlah SD baik itu negeri dan swasta sebanyak 9.302 unit. Ini sangat berpotensi menimbulkan penyakit yang berhubungan dengan perilaku, baik itu di lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah.

Dijelaskannya, tingginya persentase kecacingan pada anak usia SD sebesar 60-80% dan angka penyakit karies gigi dan periodontal 74,4%. Ini membuktikan bahwa kebiasaan seperti cuci tangan pakai sabun, potong kuku, gosok gigi, konsumsi jajanan sehat, pengelolaan sampah yang benar, penggunaan jamban sehat masih jarang dilakukan.

"Sangat diharapkan, dengan adanya kegiatan ini semua peserta memiliki kesadaran, kemampuan dan kemauan untuk melaksanakan PHBS di sekolah serta mengajarkannya kepada siswa termasuk kepada masyarakat di lingkungan masing-masing. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini maka PHBS ini akan diterapkan di sekolah-sekolah termasuk di lingkungan masing-masing," pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kadis Kesehatan dr Binner Sinaga menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya peningkatan kapasitas guru UKS (unit kesehatan sekolah) adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap perilaku hidup bersih dan sehat guru melalui pembiasaan indikator PHBS sekolah sehat melalui program sekolah sehat di daerah itu.

Selain itu, meningkatnya kesadaran dan motivasi untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah khususnya cuci tangan pakai sabun di air mengalir. Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah khususnya sikat gigi pagi dan malam hari. Dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah khususnya mengkonsumsi jajanan sehat, pengelolaan sampah di sekolah.

"Tujuan berikutnya adalah menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah khususnya jamban sehat di sekolah serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah khususnya mengkonsumsi air minum yang sesuai standart," pungkasnya. (BR8/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments