Rabu, 19 Jun 2019
  • Home
  • Sekolah
  • Pameran Pendidikan Perguruan Teladan Sumatera Utara Sukses

Pameran Pendidikan Perguruan Teladan Sumatera Utara Sukses

admin Rabu, 29 Mei 2019 12:06 WIB
Ilustrasi
Medan (SIB) -Pameran pendidikan Perguruan Teladan Sumatera Utara (PTSU) Medan yang dilaksanakan 15-16 April 2019 di sekolah tersebut sukses.

Pembina yang juga pendiri PTSU Drs Toga Sianturi MA mengatakan, kegiatan pameran pendidikan itu merupakan program tetap PTSU yang dilaksanakan setiap tahun. Pada tahun lalu pameran pendidikan yang dilaksanakan di sekolah yang beralamat di Jalan Pendidikan Medan Helvetia itu juga sukses. Orangtua siswa sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, katanya.

Ditambahkan, pameran tersebut terbuka untuk umum bahkan PTSU mengundang sekolah-sekolah lain. Kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi yang dimiliki setiap siswa dan mengembangkannya melalui kegiatan pameran. Para siswa mempertunjukkan ketrampilannya di depan pengunjung. Tidak banyak sekolah swasta yang mampu melakukan kegiatan seperti itu karena keterbatasan alat-alat praktek yang dimilikinya. PTSU mampu melakukan kegiatan pameran tersebut karena memiliki fasilitas dan alat-alat praktek yang lengkap serta didukung guru-guru yang mumpuni di bidangnya masing-masing, ujar Sianturi tokoh pendidikan tersebut.

Kepala SMA PTSU Liston Simangunsong SPd menambahkan, pada pameran pendidikan PTSU tahun ini unit SMA memiliki satu paviliun sebagai tempat pameran dan pertunjukan kemampuan siswa melakukan bedah ular, cek golongan darah dan percobaan reaksi kimia. Sementara itu, prestasi akademik yang diperoleh unit SMA tahun lalu yaitu ada 12 siswa masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Unit SMK-BM yang dipimpin Marlan Antony Sihombing SKom juga memiliki paviliun tersendiri yang menampilkan tiga jurusan yaitu Administrasi Perkantoran, Akuntansi dan Perbankan. Hasil karya usaha siswa yang dipamerkan di antaranya buket bunga, hanging door, gantungan kunci dari manik-manik dan brush dari kain planet.

Kepala SMK-TR Anton Sinaga SPd Mmin mengatakan, SMK-TR yang memiliki jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Sepeda Motor (TSM), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) masing-masing menampilkan kemampuan siswa. Siswa TKR mampu membuat bio diesel dari minyak jelanta, siswa TKJ sudah meraih prestasi pada pekan inovasi RRI sebagai juara 1 dalam lomba teknologi terapan membuat CCTV murah yang dipantau melalui smartphone. Dalam ajang yang sama siswa TITL juga meraih prestasi juara 3 dengan karyanya membuat gerbang otomatis dan siswa TSM mampu menggunakan simulator sepedamotor injeksi tahun tinggi.

Selain pameran pendidikan PTSU juga mengadakan pentas seni untuk tingkat TK, SD dan SMP sebagai ajang mempertujukkan kemampuan siswa sesuai bakat dan potensi yang dimiliki. (M12/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments