Jumat, 29 Mei 2020
PDIPSergai Lebaran
  • Home
  • Sekolah
  • Misinya, Pendidikan Harus Berpihak Kepada yang Lemah

Dari Peringatan 90 Tahun Berdiri SD St. Yoseph 1 Medan

Misinya, Pendidikan Harus Berpihak Kepada yang Lemah

Rabu, 19 Februari 2014 18:28 WIB
SIB/Ist
Panitia Pelaksana Pesta Pelindung St Yoseph 1 Medan, berfoto bersama di sekolah St Yoseph 1 , Jalan Pemuda, Medan.
Medan (SIB)- Ketua Panitia Pelaksana Pesta Pelindung St Yoseph 1 Medan dr Suryadi Panjaitan didampingi Agustinus Simandjorang menjelaskan, dalam memperingati hari jadi ke-90 tahun sekolah St Yoseph akan digelar rangkaian kegiatan yang bersifat reflektif.

“Tujuannya untuk menimbang kembali, apakah visi dan misi sekolah selama ini sudah tercapai atau tidak. Karenanya di hari terakhir akan ada seminar pendidikan dan kesehatan. Untuk itu kami sangat berharap agar para alumni sekolah ini dapat hadir dan memberikan masukan-masukan guna pengembangan sekolah ini menjadi lebih baik di kemudian hari.”

“Kami sangat berharap para alumni hadir dan memberikan masukan-masukan. Karena kami percaya, peran alumni sangat penting dalam membantu perkembangan sekolah. Termasuk juga dukungan dari orangtua siswa-siswi,” kata Suryadi.

Hal senada juga disampaikan Agustinus Simanjorang. Dia berharap kegiatan ini dapat menjadi momentum bagi sekolah yang berdiri 2 Juli 1923 ini, untuk mengkritisi dirinya sebagai lembaga pendidikan.

“Dari sejarahnya kita tahu, bahwa sekolah ini dulunya berpihak kepada masyarakat lemah dan tak mampu. Nah sampai dimana misi dan visi itu terbukti, mudah-mudahan terlihat dari hasil seminar. Makanya para peserta seminar terdiri dari orangtua siswa, alumni, praktisi pendidikan dan juga tokoh-tokoh masyarakat,” tegas Agustinus.

Selain seminar refleksi dalam rangka memperingati 90 tahun berdirinya Sekolah Dasar (SD) St. Yoseph 1 Medan, Panitia Pelaksana akan menggelar berbagai acara lainnya diantaranya pekan seni, lomba dan juga seminar pendidikan dan kesehatan. Kegiatan ini dijadwalkan dilakukan pada 17-22 Maret 2014 mendatang. Kegiatan digelar di lokasi sekolah, yang terletak di Jalan Pemuda, Medan, kata dr Suryadi Panjaitan dan Agustinus Simanjorang,Senin (17/2).

Dijelaskan Suryiadi beberapa cabang lomba yang dipertandingkan, yakni lomba menggambar, mewarnai, cerdas tangkas, fashion show, desainer, vocal solo dan futsal. Cabang lomba ini bersifat internal.

Selain itu juga akan diadakan lomba mewarnai untuk kategori TK se-Kotamadya Medan.

Dr Suryadi Panjaitan yang didampingi panitia lainnya Agustinus  Purba (sekretaris) Juliana Naiobaho, Herlina Sembiring dan Ria A Leo (bendahara) dan Suster Agnes Saragih sebagai penanggungjawab menambahkan Sekolah St Yoseph 1 Medan, merupakan saksi sejarah kota Medan karena sudah berdiri di masa kolonial Belanda dan Jepang.

Sekolah ini didirikan oleh para suster yang tergabung dalam serikat Suster Fransiskanes Dongen (FSD). Misi utamanya adalah pemberdayaan masyarakat lemah lewat pendidikan. Namun sekitar tahun 1943-1944, sekolah ini sempat dijadikan tempat penampungan orang sakit, terutama korban perang.

Sampai pada tahun 1999 sekolah ini dikenal sebagai SD St Yoseph 1, 2 dan 3. Tetapi setahun kemudian dilebur menjadi satu untuk kemudian dikenal sebagai Sekolah SD St Yoseph 1, Medan. (A21/ r)






T#gs MedanpendidikanSekolah
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments