Senin, 24 Feb 2020
Banner Menu
Detail Utama 1
  • Home
  • Sekolah
  • Komite Sekolah dan Paguyuban Kelas Diajak Tingkatkan Mutu Pendidikan

Komite Sekolah dan Paguyuban Kelas Diajak Tingkatkan Mutu Pendidikan

Rabu, 12 Februari 2020 21:38 WIB
Foto: SIB/Dok

LANTIK KOMITE DAN PAGUYUBAN KELAS: Korwilcam Dinas Pendidikan Panai Hilir Rustamir SPd mengambil sumpah dan melantik 600 Komite Sekolah dan Paguyuban Kelas dari 48 SD-SMP se-Kecamatan Panai Hilir periode 2019- 2022, Jumat (7/2), di SD Ki Hajar Dewantara Seiberombang, disaksikan Bupati Lanuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunte. 

Seiberombang (SIB)
Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunte mengajak guru, Komite Sekolah dan Paguyuban Kelas saling dukung dan bahu membahu untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan di sekolah. Bupati juga mendorong Komite Sekolah dan Paguyuban Kelas berperan aktif meredam dan menyelesaikan masalah yang timbul di sekolah, seperti persoalan antara guru dengan murid dan atau murid dengan murid.

"Komite Sekolah dan Paguyuban Kelas yang baru dilantik agar menghargai pelantikan ini. Pelantikan ini bukan tidak berdasarkan kesaksian dan sumpah yang diucapkan. Selain kami yang menyaksikan, Tuhan Yang Maha Esa yang utama menyaksikan sumpah dan janji saudara-saudari. Dari itu, mari kita jalankan amanah ini bersama-sama. Jalankan amanah sesuai tugas pokok dan fungsinya, agar pendidikan anak-anak kita lebih terjaga mutu dan kualitasnya. Mari kita tingkatkan mutu pendidikan kita," sebut Bupati Andi Suhaimi pada pelantikan Komite Sekolah dan Paguyuban Kelas 48 SD dan SMP negeri'swasta se Kecamatan Panai Hilir, Jumat (7/2), di SDS Ki Hajar Dewantara Seiberombang.

Pada acara bertema: Membangun kebersamaan, kekompakan dan kerjasama dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan, Andi juga meminta guru dan Komite Sekolah tetap sejoli dan dapat memecahkan setiap permasalahan yang timbul, baik permasalahan guru dengan murid maupun murid dengan murid.

"Komite Sekolah harus bisa memediasi setiap permasalahan yang timbul di sekilah. Saya tidak ingin lagi ada guru yang dilaporkan murid ke kantor polisi, ataupun sesama murid saling melaporkan. Hadirlah Komite Sekolah di tengah-tengah mereka untuk meredam suasana yang kurang baik di antara mereka yang bertikai," ujarnya.

Menurutnya, kemampuan guru adalah kunci sukses dunia pendidikan. Kehadiran guru harus mampu memberikan arah, harapan dan penentu bagi masa depan anak-anak muridnya.

"Dari itu saya berniat mengangkat kesejahteraan guru. Saya berharap tidak ada lagi TKS (tenaga kerja sukarela). Saya ingin mereka jadi honor kontrak yang digaji Pemkab. Salah satu bukti, telah kita persiapkan rumah komunitas guru honor. Rumah itu rumah termurah yang pernah ada, hanya dengan angsuran Rp500.000 per bulan selama 36 bulan," katanya.

Komite Sekolah dan Paguyuban Kelas itu dilantik Korwilcam Dinas Pendidikan Kecamatan Panai Hilir, Rustamir SPd. Dia juga mengajak seluruh Komite Sekolah dan Paguyuban Kelas untuk bahu membahu bersama masyarakat menyukseskan pembangunan dunia pendidikan.

Ketua panitia Nazaruddin, melaporkan Komite Sekolah dan Paguyuban Kelas yang dilantik sebanyak 600 orang dari 29 SD negeri dan swasta dan 19 SMP negeri/swasta. "Para pengurus sudah siap bekerja keras untuk menyukseskan program peningkatan mutu pendidikan di Labuhanbatu," katanya. (BR6/d)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments