Senin, 24 Feb 2020
Banner Menu
Detail Utama 1
  • Home
  • Sekolah
  • Guru PAUD Diharapkan Jadi Tipe Guru Sedikit Bicara Banyak Bekerja

Guru PAUD Diharapkan Jadi Tipe Guru Sedikit Bicara Banyak Bekerja

Rabu, 12 Februari 2020 21:31 WIB
Foto SIB/Rimpun H Sihombing

SAMBUTAN: Bupati Sergai H Soekirman memberi sambutan saat membuka workshop peningkatan mutu guru PAUD, Senin (10/2). 

Sergai (SIB)
Membangun infrastruktur memang penting, namun jauh lebih penting membangun karakter anak didik. Karena itu, jangan terfokus hanya kepada persoalan yang kasat mata, namun ada nilai yang paling mendasar yaitu karakter.

Hal itu disampaikan Bupati Serdangbedagai (Sergai) H Soekirman saat membuka workshop peningkatan mutu guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Senin (10/2) di Wisma Karina, Desa Firdaus, Kecamatan Seirampah.

"Terkadang orang lupa tiga komponen dasar belajar yaitu, logika, etika dan estetika. Sesuatu yang tidak logis karena sering dikembangkan meski hoax dapat dianggap menjadi logis. Maka, tugas guru PAUD adalah membentuk logika yang etis, agar anak-anak memiliki etika yang berdasar logika. Jika sudah memenuhi dua unsur (logika dan etika, Red) tadi, maka akan terbentuk seni dan keindahan yang disebut estetika," terangnya.

Lebih lanjut Soekirman menyampaikan, belajar dalam suasana gembira adalah inovasi dan sangat baik. Hal tersebut agar jangan sampai terjadi kisah nyata seorang anak yang ingin menjadi Ponsel, disebabkan orang tua lebih perhatian kepada Ponsel daripada anaknya. Hal ini menjadi gambaran dan pembelajaran juga bagi orang tua, bahwa pengaruh teknologi dapat memberikan nilai-nilai yang tidak baik serta mengesampingkan nilai kearifan lokal.

"Untuk itu kepada guru PAUD saya berharap, jadilah tipe guru yang sedikit bicara banyak bekerja dan bukan banyak bicara tetapi sedikit bekerja. Belajar dengan gembira, namun apa yang dipesankan sejalan dengan yang dikerjakan, agar hasilnya seperti yang diharapkan," harap Soekirman.

Sebelumnya Ketua Panitia, Alamsyah melaporkan kegiatan yang diikuti 510 guru PAUD se-Sergai ini bertujuan agar seluruh guru PAUD di Sergai memiliki pemahaman yang jelas tentang belajar mengajar. "Kegiatan ini digagas Bunda PAUD, Himpaudi, Dinas Pendidikan dan Yayasan Adiluhung Nusantara," terangnya.

Turut hadir, Bunda PAUD Sergai Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny Uke Retno Wahyuni Faisal Hasrimy, Kadis Pendidikan diwakili Sekretaris Disdik Batara R Harahap beserta jajaran, perwakilan Yayasan Adiluhung Nusantara Adi Irawan, Ketua Himpaudi Sergai Syamsidar, dan Ketua Himpaudi serta gugus PAUD kecamatan se-Kabupaten Sergai. (T06/d)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments