Rabu, 03 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran
  • Home
  • Sekolah
  • Gubsu Tantang ATKP Segera Buka Sekolah Pilot

Gubsu Tantang ATKP Segera Buka Sekolah Pilot

* Tahun Ajaran Baru 2015 Mulai Pendidikan Perdana
Sabtu, 22 Februari 2014 17:43 WIB
Medan (SIB)- Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi mendukung penuh rencana Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Medan untuk membuka pendidikan dan latihan (Diklat) Penerbang atau sekolah Pilot di Medan.

Bahkan Gubsu menantang pada tahun ajaran 2015, anak-anak muda Sumut sudah bisa masuk sekolah pilot ATKP Medan.

Hal ini terungkap dalam audiensi rombongan ATKP Medan yang dipimpin Direktur ATKP Medan Asri Santosa ST Ssit MT, Rabu (19/2) di Ruang Kerja Gubsu Lantai 10 Kantor Gubsu, Medan.

"Memang ini telah lama saya inginkan, apalagi Bandara Kuala Namu telah beroperasi jadi Bandara Polonia bisa dimanfaatkan untuk pendidikan," ujar Gubsu.

Gubsu meminta rencana tersebut secepatnya  direalisasikan sehingga pelajar Sumut yang berprestasi dan bercita-cita menjadi pilot dapat memanfaatkan peluang tersebut. 

.Gubsu mengakui bahwa ia sudah pernah membicarakan hal tersebut dengan Danlanud Medan. Usulan dari ATKP Medan tersebut selaras dengan keinginannya agar  Sumut punya sekolah penerbangan.

"Tolong pak Asisten dan pak Kadis Perhubungan supaya membicarakan lebih teknis kepada pak Danlanud, segera secepatnya bisa direalisasikan," perintah Gubsu kepada Asisten III Arsyad Lubis dan Kadishub Provsu Antony Siahaan yang saat itu mendampingi.

Gubsu meminta segera digelar rapat koordinasi bersama TNI AU guna merealisasikan rencana tersebut. “Kita buat saja rapatnya di ruang eks VIP Bandara Polonia,” ujar Gubsu.

ATKP Medan berencana membuka pendidikan dan latihan  bagi para calon penerbang yang nantinya menjadi satu-satunya sekolah pilot di kawasan Sumbagut.

Apalagi, menurut Direktur ATKP Medan bahwa tingginya permintaan akan tenaga penerbang dari maskapai penerbangan nasional membuat pihaknya berambisi besar membuka jurusan pilot di akademi yang dipimpinnya.

Untuk itu,  pihaknya terlebih dahulu meminta izin ke gubernur  dan berharap mendapat arahan yang tepat untuk rencana tersebut.

"Kalau diizinkan kami minta izin ke pak Gubsu sebagai kepala teritorial untuk membuka jurusan penerbang atau pilot," ujarnya.

ATKP, lanjutnya merencanakan akan memulai penerimaan siswa penerbang pada tahun 2015 sebanyak 10 siswa dan meningkat pada tahun 2019 sebanyak 60 siswa. Jadi kedepannya ATKP Medan berencana dapat meluluskan maksimal 200 pilot pertahun.

Untuk sarana dan prasarana ATKP Medan nantinya akan menempatkan Polonia sebagai tempat latihan lokal (touch and go) pemenuhan Flop Taruna penerbang, hanggar Brieffing room dan lainnya. Sementara saat ini sudah memiliki 3 orang instruktur. Sedangkan untuk pesawat pihaknya mendapat hibah dari STPI. Sedangkan pengadaan pesawat latih dengan menyewa dari pihak ke-3.

ATKP Medan yang beralamat di Jalan Penerbangan No. 85 Jamin Ginting Km 8,5 Padang Bulan, Medan berdiri sejak Tahun 1989 yang dulunya masih bernama balai dan pada    Oktober 2002 menjadi ATKP Medan yang memiliki 3 jurusan yakni Penilik Lalu Lintas Udara (PLLU), Teknik Navigasi Udara (TNU) dan Teknik Listrik Bandara (TLB). Hadir menyertai Asri Sentosa, Pembantu Direktur (Pudir I) Sunarfi, ST, MPd, Pudir II Dadang Kusyadi dan Pudir III M Amril Siregar.(A16/w)
 

T#gs pendidikan
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments