Minggu, 20 Okt 2019
  • Home
  • Sekolah
  • Dokter Kecil Siswa YP Pangeran Antasari Dikukuhkan

Dokter Kecil Siswa YP Pangeran Antasari Dikukuhkan

admin Rabu, 09 Oktober 2019 19:28 WIB
SIB/Dok
Foto Bersama : Para dokter kecil siswa Yayasan Pendidikan (YP) Pangeran Antasari foto bersama Ka UPT Puskesmas Labuhan Deli dr M Febryanto M, Camat Labuhan Deli Syafii Sihombing, Koordinator Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Puskesmas Drg Yetty Kusniar, Koordinator Sekolah Pangeran Antasari Herli Leo Aritonang, Kepala SMP Muhammad Nur, Kepala SMA/SMK Suriani, Kepala SD M Abdug, Guru Pembina dokter kecil Purwati, Samsul Mustika, Imam Ilham usai pengukuhan, di halaman sekolah tersebut di Jalan Veteran, Helvetia Kecamatan Labuhan Deli.
Medan (SIB) -Kepala UPT Puskesmas Labuhan Deli dr M Febryanto M mengukuhkan dokter kecil siswa Yayasan Pendidikan (YP) Pangeran Antasari. Pengukuhan itu dilaksanakan di halaman sekolah tersebut di Jalan Veteran, Helvetia Kecamatan Labuhan Deli, baru-baru ini.

Hadir pada pengukuhan itu, Camat Labuhan Deli Syafii Sihombing SIP MAP, Koordinator Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Puskesmas Drg Yetty Kusniar, Ketua YP Pangeran Antasari Dr Tommy Leonard SH MKn, Kepala Penanggungjawab Klinik Prima Melati dr Sri Wahyuni Nasution MKT, Koordinator Sekolah Pangeran Antasari Herli Leo Aritonang, Kepala SMP Muhammad Nur MPd, Kepala SMA/SMK Suriani MPd, Kepala SD M Abdug MPd, Guru Pembina dokter kecil Purwati SPd, Samsul Mustika SS SPd, Imam Ilham SSos.

dr M Febryanto M menyampaikan bahwa dokter kecil yang dikukuhkan ini adalah anak-anak pilihan. Dokter kecil ini tugasnya mulia. Karena fungsinya menolong teman, keluarga, dan lain-lain terutama saat berada di lingkungan sekolah.

Pada kesempatan itu, dr M Febryanto memotivasi siswa-siswi Sekolah Pangeran Antasari. Dia mengajak siswa yang tergabung dalam dokter kecil, agar menerapkan hidup sehat dan bersih di lingkungan sekolah maupun keluarga.

Sementara itu, Koordinator Sekolah Pangeran Antasari Herli Leo Aritonang mengatakan, kegiatan ini ditujukan untuk menyemangati dan mendekatkan murid-murid untuk mengenal dunia kesehatan, khususnya peran para dokter dan tenaga medis semenjak usia dini.
Leo Aritonang mengatakan, sebelum dikukuhkan, para dokter kecil ini diberikan pelatihan selama satu bulan setengah. "Mereka dilatih oleh para tenaga kesehatan dan medis dari Puskesmas," katanya.

Para dokter kecil ini, kata Leo Aritonang, selain dibekali dengan kemampuan pelayanan kesehatan dasar yang lazim disebut Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), mereka juga dapat difungsikan sebagai penyuluh bagi teman-teman sekolahnya masing-masing tentang perilaku hidup sehat.
Ditempat terpisah Ketua YP Pangeran Antasari Dr Tommy Leonard SH MKn kepada wartawan menyatakan sangat menyambut baik kegiatan dokter kecil di Sekolah Pangeran Antasari. Dan, dalam hal ini pihaknya siap mendukung. Sebab, dokter kecil merupakan ujung tombak dari program UKS, untuk memperhatikan kesehatan anak sekolah.

Menurut tokoh pendidikan Sumut ini, kegiatan dokter kecil ini penting, untuk membangun kemampuan dan keterampilan para siswa/siswi di bidang kesehatan, serta menggerakkan partisipasi mereka dalam memberikan pelayanan kesehatan di lingkungan internal sekolah. (R6/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments