Minggu, 08 Des 2019
  • Home
  • Sekolah
  • Dinas Pendidikan Taput Beri Penguatan Kepala Sekolah

Dinas Pendidikan Taput Beri Penguatan Kepala Sekolah

admin Rabu, 11 September 2019 13:32 WIB
SIB/Dok
DIKLAT: Kabid Tendik Dinas Pendidikan Taput, Jonter Hutapea MPd bersama pengelola P4tkbbl Medan menyampaikan sambutan pada pembukaan Diklat penguatan Kepala sekolah yang dilaksanakan mulai 30 Agustus hingga 6 September 2019.
Tapanuli Utara (SIB) -Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) menggelar Diklat penguatan Kepala Sekolah (Kepsek) dengan sumber dana APBN swakelola mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), SD dan SMP.

Diklat ini dilaksanakan 30 Agustus hingga 6 September 2019 bekerjasama dengan Kemdikbud Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Kependidikan Bidang Bangunan dan Listrik (P4tkbbl) Medan.

Plt Kadis Pendidikan Indra Simaremare melalui Kepala Bidang Tenaga Pendidik dan Kependidikan (Kabid Tendik) Jonter Hutapea MPd mengungkapkan, salah satu fokus Diklat penguatan Kepsek agar siap mengemban tugas dan tanggungjawab sesuai dengan Permendiknas nomor 28 tahun 2010 tentang penugasan guru kepala sekolah atau Madrasah.

Disebutkan, dengan adanya Diklat penguatan itu seluruh kepala sekolah bisa mengimplementasikan ke tempat kerjanya dan mampu menjabarkan arah dan strategi kebijakan metode pendidikan ke dalam program kegiatan serta mampu mensinergikan seluruh stakeholder yang ada untuk melaksanakan program-program pendidikan.

Selanjutnya, kepala sekolah diharapkan juga bisa mengakomodir seluruh tenaga pendidik di sekolah masing-masing karena di sekolah tersebut ada PNS dan honor sehingga ketika mengelola sekolah itu bisa menemukan sebuah konsep kepemimpinan, sebab pendidikan itu bisa diselesaikan dengan memakai sistim "leadership team work" (kepemimpinan kerjasama ).

Kepala sekolah juga diharapkan mampu menggerakkan dengan memakai Undang-Undang (UU) komite nomor 75 supaya dalam membangun sekolah itu serta memajukan sekolah itu tidak hanya serta merta antara sekolah dan pemerintah melainkan dibantu dengan komite.

"Kita berharap tahun depan ada bantuan lagi, jadi kepala sekolah yang belum mendapat penguatan bisa mengikutinya. Oleh karenanya, Dinas Pendidikan akan terus melakukan lobi-lobi ke pusat supaya kuotanya ditambah demi menyelesaikan seluruh kepala sekolah yang belum mendapat penguatan," ucapnya.

Sebelumnya, Dinas pendidikan Taput juga turut mengucapkan terimakasih kepada P4tkbbl Medan yang sudah memberikan penguatan kepala sekolah ke Taput dan berterimakasih kepada sekolah yang menyediakan tempat dimana penyelenggaraan Diklat itu pendidikan itu mengacu pada visi misi Pemkab Taput.

Adapun narasumber pada kegiatan ini lima orang salah satunya pengelola P4tkbbl Medan Dr Sanggam Pardede dan panitia dari Dinas Pendidikan serta pusat pembelajaran penyelenggaraan Diklat ada di 4 tempat yakni, SMK N 1 Siborongborong, SMA HKBP Tarutung, SMK N 1 Siatas Barita, SMK N 2 Siatas Barita dengan perincian dibagi dengan 7 kelas dengan jumlah keseluruhan yang mengikuti penguatan sebanyak 261 orang.

Materi yang disampaikan yakni literasi digital, pengembangan kepala sekolah, penguatan kepala sekolah, pengembangan kewirausahaan, pengelolaan kurikulum, supervise dan penilaian kinerja guru, pengelolaan peserta didik, kepemimpinan perubahan, teknis analisis manajemen dan pengelolaan keuangan sekolah.

Kemudian pendalaman materi kepala sekolah pada hari pertama dilakukan penilaian pre test (ujian awal) dan evaluasi akhir dilakukan post test dan seluruh penilaiannya langsung di kirim ke pusat. "Artinya sistem materi penilaiannya online misalnya, satu hari ini selesai pre test ya langsung dikirim hasilnya ke pusat," tandasnya. (Rel/G01/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments