Minggu, 22 Sep 2019

Nilai UN-Rapor Penentu pada SNMPTN 2014

Rabu, 15 Januari 2014 16:57 WIB
SIB/Int
Semarang (SIB)- Rektor Universitas Negeri Semarang Prof Fathur Rokhman menjelaskan nilai ujian nasional (UN) dan nilai rapor menjadi penentu dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014.

Sistem SNMPTN tahun ini lebih mengintegrasikan UN sebagai syarat masuk, yakni memperhitungkan nilai yang didapat siswa pada mata pelajaran yang diujikan dalam UN, diramu dengan nilai rapor.

Nantinya, nilai UN murni yang didapat siswa akan diolah dengan perolehan nilai rapornya semasa di sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat untuk menentukan yang bersangkutan lolos SNMPTN atau tidak.

Selain itu, ia mengimbau para peserta UN nantinya juga tetap menjaga kejujuran dalam pelaksanaan UN, serta menghindari perilaku-perilaku curang karena dampaknya justru bisa merugikan siswa yang bersangkutan.

Diintegrasikan dengan Skor Tes SNMPTN
Aturan pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 diwarnai sejumlah perubahan. Salah satunya adalah rencana untuk merealisasikan integrasi antara nilai Ujian Nasional (UN) dengan SNMPTN.

Rektor Universitas Negeri Malang (UM), Prof. Dr. Suparno menuturkan, skor hasil UN akan berkontribusi pada lolos tidaknya peserta tes SNMPTN, hanya saja belum dipastikan berapa prosentase pembobotannya.

Selain itu, hal baru lainnya adalah khusus pendaftar lulusan SMK akan ada pembatasan program studi (prodi) yang dimasuki, sehingga tidak semua prodi bisa dipilih saat mendaftar SNMPTN.

Sementara pada pelaksanaan tes tulis seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), ada perampingan jumlah mata ujian atau tes yang berdampak pada hari pelaksanaan.

Mata ujian atau tes bidang studi dasar dan bidang studi potensi akademik akan disatukan, akibatnya ujian masuk hanya satu hari. Sementara tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan dua hari.

Sama seperti tahun sebelumnya, SNMPTN 2014 juga memberikan kesempatan khusus kepada calon mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu melalui Program Bidikmisi, serta calon mahasiswa dari daerah 3T (terluar, terdepan, tertinggal).

Jadwal SNMPTN 2014 dimulai dengan pengisian PDSS pada 6 Januari-6 Maret 2014. Kemudian pendaftaran dibuka pada 17 Februari hingga 31 Maret 2014. Usai pendaftaran, proses seleksi dilakukan pada 1 April sampai 26 Mei 2014.

Lalu pengumuman kelulusan bisa dilihat pada tanggal 27 Mei 2014. Setelah itu, calon mahasiswa yang dinyatakan lulus harus melakukan pendaftaran ulang pada tanggal 17 Juni 2014 di PTN masing-masing. (Ant/JPNN/h)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments