Jumat, 19 Jul 2019
  • Home
  • Profil
  • Rawan Warga Prasejahtera, Kawasan Helvetia Medan-Deliserdang
  • Home
  • Profil
  • Rawan Warga Prasejahtera, Kawasan Helvetia Medan-Deliserdang

Rawan Warga Prasejahtera, Kawasan Helvetia Medan-Deliserdang

Senin, 15 September 2014 10:28 WIB
SIB/Oki Lenore
Komisi Beasiswa: Pendeta Gereja HKBP Helvetia Pdt Elisa YM Simaibang STh, Minggu (14/9) mengukuhkan Komisi Beasiswa HKBP Helvetia di gereja tersebut dengan Ketua Ir Tolopan Silitonga, Sekretaris Lasdri Hasudungan Sibarani ST dan Bendahara Norman Roland Pa
Medan (SIB)- Pengurus Komisi Beasiswa Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Jalan Mawar Raya Medan memetakan bahwa di perbatasan daerah Helvetia Medan - Deli Serdang rawan warga prasejahtera namun berprestasi dari sisi akademik.

 Atas dasar itu, komisi yang khusus memantau warga dari kelompok dimaksud, sedang mendata dan ‘memburu’ warga yang layak dapat beasiswa dalam melanjut pendidikan.

“Komisi punya ‘modal’ Rp118.875.700 untuk memberi beasiswa pada generasi muda berprestasi namun kurang mampu dari ekonomi. Jemaat di HKBP Helvetia lebih kurang 850 KK dalam 12 wijk yang bermukim di  kawasan tersebut. Pemko Medan dan Pemkab Deli Serdang punya program pengentasan kemiskinan tapi tidak  pernah  menyentuh kelompok tersebut. Komisi Beasiswa HKBP Helvetia berkewajiban mengentaskannya sendiri,” tandas Ketua Komisi Beasiswa HKBP Helvetia Ir Tolopan Silitonga, usai dikukuhkan Pdt Elisa YM Simaibang STh, Minggu (14/9).

Anggota terpilih DPRD Deli Serdang dari Partai Golkar itu menjadi ketua didampingi Lasdri Hasudungan Sibarani ST sebagai sekretaris dan Norman Roland Pangaribuan sebagai bendahara serta sejumlah tokoh sebagai penasihat di antaranya Prof Dr E Napitupulu MM.

“Kami masih akan menggulirkan program donasi guna menambah modal agar lebih banyak yang mendapatkan beasiswa khusus pendidikan.

Berbagai cara, termasuk dari CSR perusahaan-perusahaan yang ada di Deli Serdang plus Medan khususya di kawasan HKBP Helvetia,” tandas Tolopan Silitonga sambil mengatakan nantinya setelah menjadi anggota legislatif pihaknya pun menekankan proses dimaksud karena program tersebut sudah menjadi kerja sosial dan telah dilaksanakannya.

Dalam sambutan pengukuhan kepengurusan, Pdt Elisa Simaibang selaku pendeta HKBP Helvetia mengatakan gereja punya kewajiban menebalkan iman jemaatnya tapi juga punya tugas mengantar anak-anak Tuhan menjadi warga negara yang pintar.

“Salah satunya dengan mendorong semaksimalnya dalam hal pendidikan,” tandas pendeta yang pernah menjabat komisi pemberdayaan pemuda di instansinya tersebut.

Lasdri Hasudungan Sibarani menambahkan, sasaran beasiswa adalah remaja/pemuda HKBP Helvetia dengan fokus tambahan memberi bantuan kelangsungan pendidikan kemanusiaan. “Ini misi sosial plus,” ujar tokoh pemuda di Blok 3 Perumnas Helvetia Medan tersebut.

Hal senada diucapkan Norman Pangaribuan. Menurutnya, riskan jika di era modern ini masih ada anggota gereja yang masih terkendala biaya untuk melanjut studi. “Tapi, kondisi itu memang nyata dan gereja harus ikut berperan!” (r9/f)



T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments