Rabu, 18 Sep 2019
  • Home
  • Profil
  • Raih Gelar Doktor Cumlaude, Kolonel Pustaka Bangun Teliti Kepemimpinan Jokowi
  • Home
  • Profil
  • Raih Gelar Doktor Cumlaude, Kolonel Pustaka Bangun Teliti Kepemimpinan Jokowi

Raih Gelar Doktor Cumlaude, Kolonel Pustaka Bangun Teliti Kepemimpinan Jokowi

admin Minggu, 08 September 2019 10:34 WIB
SIB/Dok
Usai sidang promosi Doktor Ilmu Pemerintahan Program Pascasarjana Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN), Kolonel Arm Pustaka Bangun foto bersama dengan para guru besar IPDN, Kamis (5/9).
Jakarta (SIB) -Kolonel Arm Pustaka Bangun berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul "Analisis kepemimpinan ditinjau dari aspek kecerdasan emosi dan kepemimpinan transformasional (study kasus kepemimpinan Joko Widodo)".
Dalam sidang promosi doktor ilmu pemerintahan program pascasarjana Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) itu, Kamis (5/9), pria kelahiran 18 September 1961 di Kabanjahe dan lulus dengan predikat Cumlaude.

Di hadapan guru besar IPDN, lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1985 itu memaparkan tentang, dimensi yang paling utama dari kecerdasan emosi yang terdapat dalam kepemimpinan Joko Widodo adalah empati dan keterampilan sosial. Sedangkan dalam kepemimpinan transformasional adalah dimensi individualized influence dan intellectual stimulation.

Pustaka Bangun sebagai promovendus lebih jauh menyatakan, kepemimpinan Joko Widodo sangat relevan dengan situasi Indonesia.
Joko Widodo selalu menghargai orang lain, menggunakan guyon parikeno sehingga banyak orang yang merasa dekat dengannya. Selain itu Joko Widodo dalam memutuskan sesuatu dengan mempertimbangkan kepentingan masyarakat dan hati nurani.

Guru besar IPDN yang hadir antara lain Prof Dr Murtir Jeddawi yang juga Rektor IPDN, Prof Dr Ermaya mantan Rektor IPDN dan juga mantan Gubernur Lemhanas. Sedangkan dari jajaran Kemhan dan TNI yang hadir antara lain Letjen Trilegiono Suko (Rektor Unhan), Mayjen A HafilFuddin (Dosen Unhan), Mayjen TNI Irwansyah, Brigjen TNI Zulfardi Junin. Dari kepolisian hadir Brigjen Pol Tabana Bangun (Direktur Pasca Sarjana PTIK).

Diketahui, Pustaka Bangun merupakan suami dari Sophia Issabella Watimena. Dari perkawinannya, mereka dikarunia tiga anak yakni Salsalina Larasati Bangun, Narayana Bangun dan Rama Damenta Bangun.

Selain menyandang gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN, Pustaka Bangun juga meraih pendidikan S2 Psikologi dari Universitas Tarumanegara pada tahun 2011, S1 STIA LAN Bandung pada tahun 1996.

Di pendidikan militer, pria yang lulus dari SMA Negeri 3 Medan ini sudah banyak mengikuti sekolah maupun kursus. Pada tahun 2018, dia pernah kursus pertahanan di Spanyol, tahun 2006 kursus atase pertahanan, kursus intel strategis, tahun 2000 Seskoad.
Sedangkan pengalaman dalam penugasan ia pernah menjadi Dansatgas Armed 10 pengamanan konflik di Ternate Maluku Utara.

Kini Pustaka menjabat Kasubdit Eropa-Afrika, Direktorat Kerjasama Internasional Kemhan RI. (Merencanakan dan meningkatkan kerjasama pertahanan antara Indonesia dengan negara-negara Eropa dan Afrika).(M18/Rel/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments