Senin, 28 Sep 2020
  • Home
  • Profil
  • Mengenal Putri Kuswisnu Wardani, Bos Mustika Ratu yang Jadi Wantimpres Jokowi

Mengenal Putri Kuswisnu Wardani, Bos Mustika Ratu yang Jadi Wantimpres Jokowi

redaksi Minggu, 22 Desember 2019 17:34 WIB
news.detik.com
Putri Kuswisnu Wardani
Putri Kuswisnu Wardani baru saja dilantik menjadi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Bos Mustika Ratu tersebut merupakan satu-satunya wanita dari sembilan orang terpilih sebagai 'pembisik' Jokowi.

Wanita 60 tahun itu sebelumnya dikenal sebagai pengusaha yang meneruskan kepemimpinan ibunya Mooryati Soedibyo. Tak hanya aktif dalam dunia bisnis, ia juga aktif sebagai pembina Yayasan Puteri Indonesia.

Putri merupakan anak kedua Mooryati Soedibyo yang diberi tongkat kepemimpinan untuk memegang perusahaan kosmetik Mustika Ratu. Meski ibunya adalah perintis brand tersebut, dikatakan jika Putri memulai kariernya dari bawah sebelum akhirnya menjadi komisaris utama di 2011.

Ia pun pernah mencicip divisi promosi dan periklanan, menjadi manager keuangan, hingga menjabat wakil presiden direktur sejak 1991. Salah satu inovasinya yang paling dikenang adalah brand khusus untuk pasar remaja.

Dalam dunia bisnis, wanita yang memiliki darah biru dari Keraton Surakarta ini juga tak asing dengan organisasi. Ia diketahui merupakan Deputy Chairperson di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) serta ketua dari Asosiasi Merek Indonesia (Amin).

Tak hanya di bidang bisnis, wanita dengan gelar MBA di jurusan Business Administration juga dikenal aktif sebagai dewan pembina dalam ajang kecantikan Puteri Indonesia. Ia pun mengikuti jejak sang ibu yang menjadi salah satu pencetus kontes tersebut. Putri bahkan pernah mendapat nominasi Piala Citra untuk perannya dalam memproduseri film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta.

Punya banyak kesibukan di usia yang tak lagi muda, tak heran jika Putri mendukung para wanita untuk menggali kemampuan diri dan berkarya meski di level terkecil sekalipun. "Saya mengingatkan wanita betapa berharganya dirinya dan harus memanfaatkan semaksimalnya kondisi yang sudah dimiliki saat ini untuk melakukan yang terbaik bagi dirinya, keluarga, lingkungan dan bangsa," ungkap Putri.

"Saya melihat mereka yang tidak melakukan apa-apa memakai dalih, 'saya nggak bisa takut keluarga berantakan', 'nanti rumah siapa yang urus?' Menurut saya (pemikiran) itu harus dikikis. Itu sebenarnya ketakutan wanita sendiri dalam berekspresi karena sekarang bekerja di rumah pun bisa," tambah wanita lulusan Universitas Nasional AS itu.

Kini Putri Kuswisnu Wardani ditunjuk sebagai salah satu wantimpres Jokowi bersama Wiranto, Agung Laksono, Sidarto Danusubroto, Dato Sri Tahir, Habib Luthfi, Mardiono Bakar, Arifin Panigoro, dan Sukarwo. (Wolipop/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments