Kamis, 18 Jul 2019
  • Home
  • Profil
  • Keren! Polda Kalbar Rekruitmen Terbuka untuk Posisi Kapolsek Hingga Kapolres
  • Home
  • Profil
  • Keren! Polda Kalbar Rekruitmen Terbuka untuk Posisi Kapolsek Hingga Kapolres

Keren! Polda Kalbar Rekruitmen Terbuka untuk Posisi Kapolsek Hingga Kapolres

Jumat, 20 Februari 2015 23:03 WIB
Jakarta (SIB)- Tak hanya calon Kapolri yang dilakukan uji fit and proper test. Tapi di Polda Kalimantan Barat (Kalbar) untuk jabatan publik juga dilakukan uji kelayakan. Prosesnya transparan dan dilakukan secara terbuka.

"Di Polda Kalbar uji kelayakan juga dilakukan untuk jabatan publik Calon Kapolsek, calon Kasat Polres, calon Wakapolres dan calon Kapolres," jelas Kapolda Kalbar Brigjen Arief Sulistyanto, Kamis (19/2).

Menurut Arief tim uji kelayakan dipimpin langsung oleh Kapolda dengan anggota Wakapolda, Irwasda, dan pejabat utama yang ditunjuk. Posisi itu dibuka untuk petugas kepolisian yang sesuai dengan jenjang kepangkatan.

"Model open recruitment jabatan ini saya terapkan sejak saya masuk menjadi Kapolda Kalbar. Tujuannya untuk memperoleh pejabat yang memiliki kompetensi, kapabilitas, komitmen dan integritas serta mempunyai visi yang jelas," urai dia.

"Di samping itu untuk menghindari KKN, sehingga ada keadilan dan kompetisi yang sehat dalam pembinaan karier bukan karena titipan atau setoran," tambahnya.

Arief yang menjadi Kapolda sejak pertengahan 2014 lalu ini mengisahkan, lucunya ketika ada 4 Kapolres yang mengusulkan penggantian Wakapolres, maka tim uji kelayakan untuk calon Wakapolres menghasilkan 10 calon dengan ranking nilai.

"Para Kapolres disilahkan memilih sendiri dihadapan Kapolda dan pejabat utama. Bila ada 1 calon dipilih oleh 2 orang maka mereka akan pingsut. Seperti itu terbukanya Polda Kalbar dalam mutasi jabatan. Komisi 3 DPR RI dan Kompolnas sudah berkunjung dan memberikan apresiasi karena baru Polda Kalbar yang melaksanakan model ini," tegas dia. (detikcom/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments