Senin, 09 Des 2019
  • Home
  • Profil
  • Claudia Santoso, Mojang Cirebon yang Juarai The Voice Jerman
  • Home
  • Profil
  • Claudia Santoso, Mojang Cirebon yang Juarai The Voice Jerman

Claudia Santoso, Mojang Cirebon yang Juarai The Voice Jerman

redaksi Minggu, 17 November 2019 14:59 WIB
Sib/Doc
Claudia Santoso

Jakarta (SIB)
Gadis asal Cirebon Claudia Emmanuela Santoso berhasil menjadi juara di ajang pencarian bakat The Voice of Germany musim ke-9. Claudia mengalahkan empat finalis lain di babak akhir dengan membawakan lagu 'I Have Nothing' milik Whitney Houston dan mengumpulkan suara tertinggi sebesar 46,39 persen.


Sebelum melangkahkan kaki di ajang tersebut, gadis kelahiran 27 Oktober 2000 ini pernah mengadu bakatnya lewat kompetisi Akademi Fantasi Indonesia (AFI) Junior pada 2008. Tiga tahun setelah itu, ia juga menguji kemampuan di ajang Idola Cilik 2011. Dan pada 2014, ia berlomba di program pencarian bakat Mamamia.


Meski tak kunjung berhasil menjadi juara di sejumlah ajang yang diikuti, Claudia tidak pernah patah semangat. Dia terus berupaya membuktikan kemampuan bernyanyi, sekalipun saat berada di negeri perantauan.


Sejak lulus SMA dari 2018, Claudia melanjutkan pendidikan di Universitas Munchen, Jerman. Di sela waktu kuliah, dia mencoba peruntungan sekaligus membuktikan bakat dengan ikut ajang The Voice of Germany.


Di awal audisi, anak dari Indra Gunawan Santoso dan Christine Santoso ini sukses mencuri perhatian para juri dengan menyanyikan 'Never Enough', salah satu lagu tema film 'The Greatest Showman' (2017). Sebelum tuntas bernyanyi, ia telah membuat keempat juri memutar kursi, bahkan musisi Alice Merton sempat terlihat berkaca-kaca.


Perjalanan Claudia di The Voice Jerman terbilang mulus, di mana ia membuat juri dan publik terpesona dengan lantunan 'Listen' milik Beyonce. Ia juga sempat beradu kemampuan dengan peserta lain lewat 'A Great Big World' dari Say Something.


Hingga akhirnya, dia berhasil menembus babak final dan menjadi juara mengalahkan keempat finalis lain. The Voice Jerman pun menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan Claudia lewat Instagram resminya.


"Selamat! Claudia Emmanuela Santoso memenangkan The Voice of Germany musim ke-9," tulis mereka.


Sebelumnya, Claudia mengungkapkan rasa syukur dalam keterangan unggahan Instagram dengan foto yang menampilkan dirinya mengenakan atasan dan rok panjang.


"Terima kasih untuk semua dukungan, untuk datang ke studio, untuk telah memberi suara dan untuk mendoakan, sehingga saya bisa masuk ke babak final dan bernyanyi lagi untuk kalian," tulisnya.


Claudia menambahkan, "Ini sebuah penghormatan untuk saya, dan saya berjanji akan memberi yang terbaik."
Sementara itu secara terpisah ibu Claudia Christine bercerita tentang bakat Claudia dalam bermusik.


Claudia senang menyanyi sejak lahir. Ia akan berhenti menangis bila dipasangkan musik dan diayun-ayun hingga tidur. "Kira-kira saat umur dua tahun, dalam perjalanan mobil yang agak panjang seperti dari Cirebon ke Bandung, kita pasangkan musik anak di mobil.

Claudia kecil pasti ikut menyanyi bahkan menghafal lagi lagu yang kami pasang. Jaman itu yang sedang hits adalah Trio Kwek-Kwek. Hingga sebelum tidur pun ia harus mendengarkan musik dari CD Trio Kwek-Kwek. Claudia sangat mengidolakan personal Trio Kwek Kwek, Leony. Saya bikinkan kliping foto-foto Leoni dari majalah atau tabloid. Kliping ini selalu dibolak-baliknya di kamar," katanya.


Sekitar umur empat tahun, Claudia dimasukkan di sebuah sekolah musik di Cirebon. Claudia sempat ditolak karena dianggap terlalu kecil, belum bisa membaca. "Saya mendesak dan mengatakan saat itu Claudia sudah dapat membaca dan senang menyanyi.

Saat masuk pertama kali, pelatihnya mengatakan suaranya tidak false. Sejak itu ia terus latihan. Selama sebelas tahun, dan bagian terakhir ia ikut resital, sebuah konser tunggal di Cimahi, Bandung. Saya mengursuskan Claudia menyanyi pada sekolah musik Purwacaraka. Dalam persiapan konser resitel sembilan lagu itu, kami bolak-balik Cirebon-Bandung pada akhir minggu dalam kurun waktu satu tahun," jelasnya.


Claudia tergabung dalam paduan suara di sekolahnya. Sekolah punya andil cukup besar. Mereka banyak tampil dimana-mana dan ini membantu Claudia berlatih tampil di muka umum.

Mereka juga pernah tampil di ajang lomba paduan suara tingkat nasional.


Claudia ingin punya sekolah musik. Makanya dia harus bekerja keras, tidak boleh santai santai dan harus bertanggung jawab. Menghadapi lomba pun, ia harus banyak latihan. (CNNI/Dw.com/f)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments