Sabtu, 07 Des 2019
  • Home
  • Profil
  • Ani Yudhoyono, Fakta Menarik Sang Ibu Negara Indonesia Keenam
  • Home
  • Profil
  • Ani Yudhoyono, Fakta Menarik Sang Ibu Negara Indonesia Keenam

Ani Yudhoyono, Fakta Menarik Sang Ibu Negara Indonesia Keenam

admin Minggu, 02 Juni 2019 10:01 WIB
Ani Yudhoyono bersama suami Susilo Bambang Yudhoyono
Ani Yudhoyono adalah istri dari Presiden Republik Indonesia yang keenam, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono yang dikenal sangat hobi dalam fotografi.

Nama lengkap mantan ibu negara itu Kristiani Herrawati. Ia lahir di Yogyakarta 6 Juli 1952. Ani Yudhoyono adalah putri dari Sarwo Edi Wibowo dan Sunarti Sri Hadiyah. Dia merupakan anak ketiga dari tujuh bersaudara. Ayahnya, Sarwo Edi Wibowo merupakan salah satu tokoh militer terkenal di era Presiden Soeharto yang melakukan penumpasan gerombolan pemberontak G30S PKI pada tahun 1965.

Ani Yudhoyono sejak kecil sudah dikenalkan dengan pendidikan oleh ayah dan ibunya. Pada masa mudanya, dia pernah mengambil kuliah jurusan kedokteran di Universitas Kristen Indonesia.

Meskipun kuliah kedokterannya tidak sampai lulus hingga dia memilih melanjutkan kuliahnya di Universitas Terbuka. Di Universitas terbuka, dia tidak mengambil jurusan yang sama, melainkan ia beralih ke jurusan sarjana ilmu politik sampai akhirnya lulus dan mendapatkan gelar strata satu.

Dia tidak melanjutkan kuliah kedokteran bukan karena tidak pintar. Alasan tidak dapat melanjutkan pendidikan di kedokteran karena harus mengikuti ayahnya pindah tugas ke Korea Selatan. Maklum saja, ayahnya yang menjabat sebagai seorang duta besar membuatnya sering kali berpinda-pindah tugas.

Di dalam keluarga, Ani Yudhoyono adalah ibu yang jadi panutan. Bahkan sang menantu mengatakan bahwa ia adalah sumber kekuatan dalam keluarga SBY. Tidak sekalipun ia meninggalkan SBY.

Dia selalu ikut kemanapun SBY bertugas kala masih menjabat sebagai presiden. Ani Yudhoyono dan SBY menikah pada 30 Juli 1976. Jika dihitung usia pernikahan mereka sudah hampir setengah abad atau kira-kira sekitar 43 tahun.

Dalam usia pernikahan mereka yang sudah cukup lama, keharmonisan jelas terlihat apalagi ketika ia sedang sakit di salah satu rumah sakit di Singapura karena mengidap penyakit kanker darah, SBY beserta anak-anaknya tetap setia menemani.

Dari pernikahannya dengan SBY, ia mendapatkan 2 orang putra yang kesemuanya ikut terjun dalam dunia politik sehingga masyarakat sudah tidak asing dengan nama mereka.

Putra pertamanya adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mantan anggota TNI Angkatan Darat yang diketahui pernah menjadi calon gubernur DKI Jakarta.

AHY menikahi artis di Indonesia Anisa Pohan. Dari hasil pernikahan Agus dengan Anisa, Ani Yudhoyono mendapat cucu cantik bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono.

Sedangkan putra keduanya bernama Edhie Baskoro Yudhoyono. Putra keduanya menikah dengan putri Hatta Rajasa bernama Siti Rubi Aliya Rajasa. Dari pernikahan Edi dan Alya, SBY-Ani mendapatkan cucu laki-laki yang bernama Airlangga Satriadhi Yudhoyono.

Salah satu tugas Ani Yudhoyono yang sudah banyak orang tahu adalah sebagai pendamping SBY dalam menjalankan tugas kenegaraan pada saat menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia.

Sejak SBY menjabat menjadi presiden pada tahun 2004, Ani juga mulai menjadi Ibu Negara Republik Indonesia. Tentu saja tidak hanya menemani SBY, sebagai Ibu Negara, ia juga sudah ikut andil dalam memegang tanggung jawab sebagai istri presiden RI.

Hal tersebut dibuktikannya dengan mengikuti berbagai organisasi. Salah satunya, Ani pernah menjadi Ketua Umum DPP Partai Demokrat. Tidak hanya itu saja organisasi yang pernah digelutinya.

Setidaknya ada beberapa organisasi yang pernah mencatatkan namanya, yaitu pelindung utama kegiatan PKK, Pelindung Nasional Women International Club, Duta HIV/ AIDS dan ASl, dan masih banyak lagi.

Walaupun dalam keadaan sakit, semangatnya untuk memajukan Indonesia tetap dapat dilihat lewat tidak absennya dia pada saat pemilu 2019 yang baru saja berlangsung.

Ketika dirawat di rumah sakit di Singapura, dia tetap ingin memberikan suaranya pada Pemilu untuk kemajuan Indonesia. Dalam sakitnya, berbagai upaya telah dilakukan oleh keluarga dan tim medis yang menanganinya. Namun Tuhan berkehendak lain, Ani-Yudhoyono tutup usia di National University Hospital, Singapura pada pukul 11.50 waktu Singapura. (Biografiku.com/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments