Kamis, 18 Jul 2019
  • Home
  • Profil
  • Anggota DPRD Humbahas Terpilih Dijadwalkan Akhir September
  • Home
  • Profil
  • Anggota DPRD Humbahas Terpilih Dijadwalkan Akhir September

Anggota DPRD Humbahas Terpilih Dijadwalkan Akhir September

* Kandidat Ketua Dewan Terpilih Masih Bahan Perbincangan Hangat
Jumat, 29 Agustus 2014 11:49 WIB
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Humbahas Charles Siregar
Humbahas (SIB)- Pelantikan 25 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terpilih Kabupaten Humbang Hasundutan  (Humbahas) periode 2014-2019 hasil Pemilu 9 April lalu dijadwalkan pada akhir September 2014 mendatang.

Asisten I Pemerintahan Pemkab Humbahas Drs Tonny Sihombing MIP kepada SIB, Kamis (28/8) mengatakan, berkas kelengkapan persyaratan calon anggota DPRD terpilih masa bhakti 2014-2019 sudah lengkap dari KPU setempat dan telah disampaikan kepada Gubsu melalui Bupati Humbahas.

Mengenai tanggal pelantikan akan terlebih dahulu dikonsultasi kepada Gubsu, berhubung masa bhakti anggota DPRD sekarang berakhir 28 September 2014 tepatnya pada hari Minggu. Maka tanggal pelantikan akan terlebih dahulu dikonsultasikan karena SK pelantikan diterbitkan Gubsu.

Di lain hal, dari 25 anggota dewan terpilih yang akan dilantik, enam kursi berhasil diraih oleh Partai Golongan Karya (Golkar) dan dipastikan akan menduduki posisi ketua dewan. Sementara untuk posisi wakil ketua nantinya akan diisi oleh Partai Gerindra dengan perolehan 5 kursi.

Dari informasi yang berhasil dihimpun SIB dari berbagai sumber mengatakan, posisi Ketua DPRD Humbahas periode 2014-2019 diprediksi akan diperebutkan tiga calon kandidat kuat dari anggota DPRD terpilih yakni Parulian Simamora, Bantu Tambunan dan Manaek Hutasoit AMd. Ketiga kader Partai Golkar ini nantinya akan bersaing ketat untuk menggantikan posisi ketua DPRD Humbahas Bangun Silaban SE yang sudah dua periode memimpin lembaga legislatif itu. Informasi kandidat Ketua DPRD Humbahas tersebut saat ini menjadi perbincangan hangat di daerah itu.

Parulian Simamora yang merupakan putra asli Doloksanggul itu saat ini aktif sebagai Ketua DPD Humbahas dan terdaftar sebagai kader Partai Golkar Humbahas. Sesuai informasi yang dihimpun SIB dari KPUD setempat, Parulian Simamora saat mendaftar menjadi Caleg di daerah itu menggunakan ijazah paket C atau setara dengan ijazah SMA. Perolehan suara, Caleg Dapil I Humbahas (Pollung, Baktiraja, Doloksanggul, Sijama Polang, Onan Ganjang) itu saat itu berhasil mengumpulkan 2.506 suara.

Sementara Bantu Tambunan, warga Desa Nagasaribu Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbahas merupakan seorang pengusaha sukses di daerah itu dan saat ini aktif sebagai Bendahara  DPD Partai Golkar Humbahas. Seperti Parulian Simamora, Bantu Tambunan menurut informasi juga menggunakan ijazah paket C untuk mendaftar jadi Caleg di Kabupaten yang beribukotakan Doloksanggul itu. Untuk perolehan suara, Caleg Dapil II Humbahas (Kecamatan Lintongnihuta dan Paranginan) itu berhasil meraih 2.429 suara.

Lain halnya dengan Manaek Hutasoit. Putra asal Desa Hutasoit, Kecamatan Lintongnihuta itu selama ini aktif sebagai pengurus Partai Golkar di daerah Kabupaten Tapanuli Utara. Kandidat yang satu ini sedikit memiliki keunggulan dari kandidat yang dua lagi. Yakni pernah mengenyam pendidikan sarjana muda Diploma 3 (D3) dari Universitas Sumatera Utara. Pada Pileg lalu, anggota DPRD terpilih Humbahas dari Dapil II itu berhasil beraup suara 2.389 suara.

Menanggapi hal itu, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Humbahas Charles Siregar kepada wartawan di Kantor KONI Humbahas Jalan Merdeka Doloksanggul, Selasa (26/8)  mengatakan, untuk menentukan posisi Ketua DPRD Humbahas periode 2014-2019 mendatang pihaknya terlebih dahulu akan mengadakan rapat pleno untuk tingkat kabupaten yang akan dihadiri setingkat di atasnya yakni DPD Tkt I Provinsi. Ketentuan rapat pleno itu kata Charles, merupakan hasil Rapimnas 5 Partai Golkar tahun lalu yang sifatnya harus dan mengikat.

Lebih lanjut Ketua KONI Humbahas itu menyampaikan, dalam Rapinmas partai berlambang Pohon Beringin itu jelas diatur bahwa calon kandidat Ketua DPRD  untuk tingkat kabupaten/kota harus memenuhi enam kriteria yang terdiri dari; 1. prestasi, dedikasi dan loyalitas terhadap partai; 2. memiliki pengalaman menjadi anggota DPRD, 3. pengurus dan kader partai (senioritas), 4. pendidikan minimal S1, 5. bilangan pembagi quota dan bukan peraih suara terbanyak dan 6. memenuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam rapat pleno yang direncanakan akan dilaksanakan di awal September itu, kata Charles nantinya akan mengajukan tiga nama calon kandidat untuk dipilih menjadi ketua dewan yang berasal dari enam anggota dewan terpilih partai itu. Namun bilamana dari keenam anggota dewan itu tidak ada yang memenuhi syarat, maka pihaknya akan melakukan koordinasi dengan setingkat di atasnya untuk memutuskan ketua terpilih.

“Merujuk pada syarat itu kandidat untuk menduduki jabatan Ketua DPRD Humbahas jelas tidak ada. Namun yang mendekati syarat ada beberapa calon,” ungkapnya, namun tidak menyebutkan siapa calon yang dimaksudkan. (F5/f)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments