Jumat, 19 Jul 2019

Joko Widodo

"The Specialist"

admin Minggu, 30 Juni 2019 09:06 WIB
Kompas/Garry Andrew Lotulung
Dengan dikeluarkannya keputusan Mahkamah Konstitusi yang menolak seluruh gugatan yang diajukan pasangan Capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga, maka Joko Widodo (Jokowi) berhak atas sebuah predikat sebagai 'spesialis pemilu'.

Ya, Jokowi telah menjadi orang pertama yang ikut Pemilu secara berturut-turut sebanyak lima kali dalam masa 14 tahun (2005-2019) dan tidak pernah kalah. Jokowi memenangkan seluruh ajang Pemilu yang diikutinya, secara berturut-turut.

Menilik ke belakang, pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961 ini memang bisa dibilang mujur. Bagaimana tidak, tahun 2004 Jokowi bergabung dengan PDIP, saat itu Jokowi langsung menggandeng FX Hadi Rudyatmo untuk mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo tahun 2005. Dalam pemilihan itu, Jokowi dan FX Hadi berhasil memenangkan Pilkada Solo dengan meraih suara sebesar 36,62%.

Gaya kepemimpinannya mulai menjadi perhatian publik. Jokowi saat itu di sebut-sebut sebagai pribadi yang sederhana. Jokowi juga dinobatkan sebagai wali kota terbaik ketiga di dunia versi Yayasan Wali Kota Sedunia (The City Mayors Foundation) pada 2013.
Lantas, Jokowi kembali mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo kedua kalinya pada tahun 2010-2015. Hasilnya, Jokowi dan FX Hadi mendapatkan 90% suara.

Belum genap mengakhiri masa pemerintahannya di Solo, Jokowi pada tahun 2012 digadang Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri untuk bertarung di DKI Jakarta melawan Fauzi Bowo sang Gubernur petahana. Mujurnya lagi, Jokowi memenangkan pemilihan Gubernur DKI Jakarta bersama Ahok dengan angka 53%. Baru berselang dua tahun memerintah di DKI Jakarta. Jokowi-Jusuf Kalla maju sebagai calon presiden tahun 2014 melawan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Tak dinyana, Jokowi memenangkan kembali gelaran pemilihan umum keempat dengan perolehan suara 53% atau mencapai 70 juta suara.

Terakhir, Jokowi kembali maju sebagai Calon Presiden 2019-2024 dengan menggandeng Wakil Presiden Ma'ruf Amin sebagai Calon Wakil Presiden. Lawannya masih sama, Prabowo Subianto yang menggandeng Sandiaga Uno.

Hasilnya, dari pengumuman KPU berdasarkan hasil hitung rill, Jokowi menang. Jokowi adalah politisi pertama yang memenangkan sebuah pemilihan umum sebanyak lima kali secara berturut-turut.

KPU akan menetapkan Jokowi-Ma'ruf sebagai capres dan cawapres terpilih hari ini (30/6) dan akan dilantik pada Oktober mendatang.
Jokowi merupakan seorang politikus dengan latar belakang pengusaha mebel. Usaha mebel itu ditekuni Jokowi setelah mendapat bekal ilmu selama kuliah di Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kegigihan Jokowi dalam menjalankan bisnis mebel membuat usahanya semakin besar. Jokowi kemudian menikah dengan Iriana di Solo pada 24 Desember 1986. Dari pernikahannya itu, Jokowi dikaruniai tiga orang anak yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep, serta beberapa cucu. (intisari/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments