Jumat, 19 Jul 2019
  • Home
  • Profil
  • Pimpinan DPRDSU Baru Terima 3 Nama Calon Pimpinan Dewan Dari Parpol Peroleh Kursi Terbesar
  • Home
  • Profil
  • Pimpinan DPRDSU Baru Terima 3 Nama Calon Pimpinan Dewan Dari Parpol Peroleh Kursi Terbesar

Pimpinan DPRDSU Baru Terima 3 Nama Calon Pimpinan Dewan Dari Parpol Peroleh Kursi Terbesar

Jumat, 26 September 2014 11:16 WIB
Medan (SIB)- Pimpinan sementara DPRD Sumut baru  menerima tiga nama dari lima nama calon pimpinan dewan defenitif yang memiliki kursi terbesar pertama hingga ke lima dari pengurus partai politik masing-masing, sehingga dewan belum bisa mensahkannya melalui paripurna dewan.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Sementara DPRD Sumut Budiman P Nadapdap, SE didampingi Sekwan (Sekretaris Dewan) Drs H Randiman Tarigan MSP kepada wartawan, Kamis (25/9) di DPRD Sumut.

Ketiga nama yang telah disampaikan masing-masing H Ajib Shah (dari Partai Golkar), H Zulkifli Efendi Siregar MSc (Partai Hanura) dan Parlinsyah Harahap (Partai Gerindra). Sedangkan dua parpol lagi, yakni PDI Perjuangan dan Partai Demokrat belum mengajukan nama untuk ditetapkan menjadi pimpinan DPRD Sumut defenitif.

"Sampai saat ini belum ada surat dari DPP PDI Perjuangan dan DPP Partai Demokrat kita terima, siapa yang bakal duduk jadi pimpinan dewan," ujar Randiman sembari menambahkan, padahal dari Partai Golkar, Partai Hanura dan Partai Gerindra sudah resmi diterima nama kadernya yang bakal duduk menjadi pimpinan dewan. 

Diakui Budiman, sebagai pemenang Pemilu 2014, Ajib Shah dari Partai Golkar yang masih menjabat ketua sementara akan diangkat sebagai Ketua DPRD Sumut defenitif, karena memiliki kursi terbesar di DPRD Sumut, yakni 17 kursi.

Menyusul kemudian perwakilan dari PDI Perjuangan yang memiliki 16 kursi, Partai Demokrat 14 kursi, Partai Gerindra 13 kursi dan Partai Hanura 10 kursi (keempat perwakilan partai ini akan menempati posisi wakil ketua dewan).

Menurut Budiman, selain menunggu nama pimpinan dewan, DPRD Sumut telah mengirimkan kelompok kerja (pokja) untuk berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri dalam menyusun tata tertib (tatib) persidangan, karena tatib yang dianggap "buku suci" dewan belum selesai, sehingga belum dapat menyelesaikan penyusunan alat kelengkapan dewan.

Meski demikian, pihaknya telah menerima nama-nama anggota DPRD Sumut yang akan menempati berbagai alat kelengkapan dewan seperti fraksi, komisi, badan anggaran, badan musyawarah, dan badan legislasi tersebut. "Memang saat ini kita sedang fokus merampungkan Tatib," kata politisi PDI Perjuangan itu.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Sumut Randiman Tarigan mengatakan, pihaknya berencana secepatnya menjadualkan rapat paripurna  untuk mengumumkan pimpinan dewan, fraksi dan alat kelengkapan dewan lainnya pada awal Oktober 2014, jika Parpol telah mengajukan perwakilannya menjadi wakil ketua dewan, agar lembaga legislatif ini sudah bisa bekerja memperjuangkan aspirasi masyarakat. (A4/h)
 

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments