Jumat, 24 Mei 2019
  • Home
  • Profil
  • Jelang Ramadhan, Bulog Sumut Gelar OP Cabai Merah di 5 Pasar di Medan
  • Home
  • Profil
  • Jelang Ramadhan, Bulog Sumut Gelar OP Cabai Merah di 5 Pasar di Medan

Jelang Ramadhan, Bulog Sumut Gelar OP Cabai Merah di 5 Pasar di Medan

* Stok OP Disesuaikan dengan Kebutuhan Pasar
Jumat, 05 Juni 2015 15:16 WIB
Medan (SIB)- Perum Bulog Sumut mulai  mengefektifkan operasi pasar (OP)  bahan pokok  terutama cabai merah di 5 titik/pasar di Medan untuk mengantisipasi dan menekan terjadinya lonjakan harga menjelang bulan Ramadhan.

OP dilaksanakan di lima pasar yakni Pusat Pasar, Pasar Petisah, Pasar Aksara, Pasar  Palapa Pulo Brayan dan Pasar Sukaramai, dengan menggunakan lima armada mobil OP Bulog, yang dimulai Kamis (4/6).

Menurut Kepala Perum Bulog Sumut, Fasika Khairul Zaman, saat ini, stok yang tersedia di gudang Bulog sebanyak 30 ton cabai merah. Namun berapapun yang dibutuhkan pasar Bulog siap menyalurkan sebanyak-banyaknya.

“Harga cabai sekarang di pasar antara Rp40 ribu sampai Rp45 ribu per kilogram, tapi kita menjualnya di bawah harga  itu. Namun stok OP ini tetap disesuaikan dengan kebutuhan pasar,” ungkap Khairul Zaman didampingi Humas Rudi Adlyn kepada wartawan di sela-sela kunjungan OP di Pasar Petisah Medan. Kamis (4/6).

Dikatakannya, cabai  OP ini adalah cabai dalam bentuk segar. “Kalau ada permintaan cabai giling atau cabai kering kita siap juga menyiapkannya,” katanya.

Stok yang cukup banyak termasuk  30 ton yang sudah di-OP kan pada Mei merupakan hasil pembelian Bulog ke sejumlah daerah produsen, saat harga di petani pada musim panen anjlok.

Fasika mengakui, setelah cabai merah, Bulog siap melakukan OP kebutuhan pokok lainnya kalau harga melonjak  tajam seperti  gula pasir yang dilaporkan sudah bergerak naik. Namun dia mengakui, stok gula pasir belum tersedia di gudang Bulog Sumut.

"Tetapi Bulog Sumut akan melaporkan ke pusat sehingga bisa diberi jatah untuk OP kalau diperlukan," katanya.

Sementara itu, Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, Rouly Tambunan menyebutkan, stok gula ada untuk dua bulan kebutuhan atau sekitar 50 ton.

"Kenaikan harga gula pasir yang terjadi pekan ini sedang dibicarakan dengan yang terkait termasuk  distributor untuk mencari penyebab dan solusinya," katanya.

Disebutkannya, harga gula pasir di Medan sudah Rp13.500 dari sebelumnya paling mahal Rp13.000 per kg. (A2/ r)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments