Selasa, 12 Nov 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Universitas Islam Negeri Segera Dibangun di Labuhanbatu

Universitas Islam Negeri Segera Dibangun di Labuhanbatu

admin Senin, 12 Agustus 2019 20:46 WIB
SIB/Dok
CINDERAMATA: Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunte, Ketua MUI Labuhanbatu KH Muhammad Darwis Husin Lc dan Sekda Ahmad Muflih, foto bersama Rektor UINSU Prof DR Saidurahman MAg setelah menerima buku sebagai cinderamata dari rektor, pada Tausiah Kebangsaan dan Silaturahmi Antarulama Kabupaten Labuhanbatu yang digelar Koordinasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (BKBP) setempat, Kamis (2/8), di Pendopo Pemkab Jalan WR Supratman Rantauprapat.
Rantauprapat (SIB) -Pelaksana tugas Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunte ingin mendirikan Universitas Islam Negeri di Rantauprapat. Selain itu akan dibangun pusat belajar ilmu Agama Islam bagi anak-anak Labuhanbatu di Islamic Center. Rencana ini sebagai upaya menyiapkan generasi bangsa yang cerdas dan berakhlak mulia.

Rencana ini disampaikannya dalam acara Tausiah Kebangsaan dan Silaturahmi Antarulama Kabupaten Labuhanbatu yang digelar Koordinasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (BKBP) setempat, Kamis (2/8), di Pendopo Pemkab Jalan WR Supratman Rantauprapat.

"Dalam acara tausiah dan silaturahmi ini, saya ingin mendengar secara langsung nasihat, masukan sekaligus doa dari para ulama yang ada di Kabupaten Labuhanbatu saat ini dan ke depannya, karena saya berniat atau bercita-cita mendirikan Universitas Islam Negeri di Kabupaten Labuhanbatu ini," sebut Andi Suhaimi saat menyampaikan kata sambutan kegiatan tersebut.

Andi juga mengatakan, dalam waktu dekat ini bangunan Islamic Center di Kelurahan Siringoringo Kecamatan Rantau Utara akan dikelola menjadi pusat belajar ilmu agama Islam.

"Pusat belajar ilmu agama Islam itu nantinya khusus bagi anak-anak Labuhanbatu, sebagai upaya penyiapan generasi bangsa yang cerdas dan berakhlak mulia," ujarnya.

Tausiyah ini dilaksanakan setelah Pemilu Serentak 2019 usai, dalam rangka menjaga stabilitas daerah. Tausiah disampaikan Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Prof DR Saidurrahman MAg.

Pada acara itu, Andi menyerahkan bantuan dana hibah APBD Kabupaten Labuhanbatu tahun anggaran 2019 untuk 7 panti asuhan dan 10 pesantren. Panti asuhan yang menerima hibah tersebut, yakni PA Putera Muhammadiyah, PA Puteri Siti Khadijah, PA Al-Arif Alwasliyah, PA Nurul Iman Madani, PA Irfadul Islamiyah, PA Namira, dan PA Siti Aisyah Aeknabara.

Sedangkan pesantren yang menerima hibah, yaitu Pesantren Amiruddiniyah, Assidiqqiyah, Moderen Muhammadiyah, Darul Amal Adsiddiqi Nurul Iman Sukarame Dayrrus Solihin Alwasliyah Tanjunghaloban, Al Mawaddah, Ar Tohiriyah, Raudatul Ulum dan Pasanten Darul Muhsinin Janji Manahankawat.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Labuhanbatu KH Muhammad Darwis Husin Lc mengatakan, dengan (jika) berdirinya Universitas Islam Negeri (UIN) di Kabupaten Labuhanbatu adalah hal yang luar biasa. Karena suatu negara dikenal hebat dan ditakuti jika di negara tersebut ada perguruan tinggi berkualitas. Contoh, katanya, Al-Azhar Mesir, sudah banyak alumninya di seluruh dunia," sebutnya.

"Perguruan tinggi seperti itulah yang akan kita ciptakan secara bersama-sama terwujud di Kabupaten Labuhanbatu ini, demi anak-anak bangsa dan generasi penerus. Mudah-mudahan kehadiran Rektor UINSU di Pendopo ini dapat lebih mempercepat terealisasinya cita-cita Plt Bupati tersebut."

Pada kesempatam itu, Rektor UINSU Prof DR Saidurahman MAg memberikan cenderamata kepada Plt Bupati Andi Suhaimi Dalimunte, Sekda Ahmad Muflih dan Ketua MUI Labuhanbatu KH Muhammad Darwis Husin Lc. (BR6/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments