Kamis, 19 Sep 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Pendidik di Sekolah Harus Lebih Serius Mengajarkan Pancasila

Pemerhati Pendidikan Pdt Dr Pahala J Simanjuntak :

Pendidik di Sekolah Harus Lebih Serius Mengajarkan Pancasila

admin Senin, 03 Juni 2019 14:20 WIB
Pdt Dr Pahala J Simanjuntak
Pematangsiantar (SIB) -Pemerhati pendidikan, Pdt Dr Pahala J Simanjuntak mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara yang sudah kita warisi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya telah terbukti teruji sebagai dasar dan ideologi NKRI. Hal itu dikatakannya kepada SIB, Sabtu (1/6).

Dikatakannya, Pancasila tidak boleh dirubah, apalagi digantikan dengan ideologi lain. Seluruh bangsa Indonesia serta elemen dan perkumpulan-perkumpulan harus menjunjung tinggi Pancasila serta mempedomani setiap sila guna menjaga stabilitas dan ketahanan negara kita.

Katanya, untuk lebih memaksimalkan pemahaman terhadap Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara diperlukan semacam penataran-penataran kepada masyarakat terutama kalangan generasi muda.

Pahala menambahkan bahwa pelajaran Pancasila di sekolah mulai SD sampai perguruan tinggi tetap dibuat dan dimasukkan ke dalam kurikulum yang sesuai dengan hakekat dasar dan nilai-nilai luhur dalam Pancasila bahkan sejak kecil, setingkat TK juga harus diajarkan Pancasila, paling tidak hanya mengucapkan, sehingga ketika masuk SD mereka sudah familiar dengan sebutan Pancasila apalagi untuk mempelajarinya.

Pancasila harus dipandang secara positif yang dapat berfungsi untuk menegakkan persatuan dan kesatuan. Sebagaimana dikatakan terutama sila ketiga terutama para pendidik di sekolah-sekolah harus lebih serius mengajarkan Pancasila kepada siswa dan jangan pula guru yang mengajarkan mata pelajaran Pancasila tidak memiliki dasar pendidikan Pancasila. "Memang semua harus paham dengan Pancasila, tetapi kalau dalam hal mengajarkannya harus benar-benar orang yang memiliki pengetahuan Pancasila yang dia peroleh dengan pendidikan formal.

"Negara Indonesia dari Sabang sampai Merauke dipersatukan melalui ideologi Pancasila, kita berbeda-berbeda dalam berbagai hal tetapi karena Pancasila kita menjadi satu Bhinneka Tunggal Ika satu artinya bukan satu warna, satu bentuk, satu ukuran satu tempat, tetapi makna satu dipahami dalam arti luas, yaitu satu tujuan, satu hati, satu pikiran, satu perasaan dan satu visi dan missi Indonesia merdeka dan lebih baik, bermartabat di bawah ideologi yang satu yakni Pancasila dan UUD 1945," ujarnya. (S09/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments