Jumat, 07 Agu 2020
  • Home
  • Pendidikan
  • Nadiem Ingin Pendidikan Profesi Guru Diperbaiki: Pelatihan Tak Hanya Teoritis

Nadiem Ingin Pendidikan Profesi Guru Diperbaiki: Pelatihan Tak Hanya Teoritis

Senin, 06 April 2020 21:52 WIB
Andhika Prasetia/detikcom

Mendikbud Nadiem Makarim 

Jakarta (SIB)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim sedang berupaya meningkatkan kualitas terhadap guru. Nadiem mengatakan akan membuka program pendidikan profesi guru dengan berbagai institusi lokal ataupun internasional.

"Peningkatan kualitas daripada pendidikan profesi guru PPG agar kita mencetak guru-guru baru dengan kualitas yang baik yang punya misi yang searah, yaitu untuk siswa yang terbaik, gitu. Dan kami akan membuka program pendidikan profesi guru di berbagai institusi lokal maupun internasional," kata Nadiem dalam Ratas Presiden pada Jumat (3/4).

Menurut Nadiem, setiap tahun banyak guru yang pensiun. Dia ingin melalui program tersebut dapat tercipta lulusan-lulusan guru yang lebih berkualitas.

"Dan itu akan menciptakan alumni-alumni lulusan yang lebih baik lagi. Karena banyak sekali guru PNS yang pensiun tiap tahunnya. Jadinya pabrik guru kita itu harus diperbaiki dan ditingkatkan kualitasnya," ujar Nadiem.

Selain itu, Nadiem meminta agar pelatihan-pelatihan terhadap guru tidak hanya bersifat teori. Menurutnya, guru dapat belajar dari sekolah-sekolah yang memiliki kualitas lebih baik dari sekolah tempat guru tersebut mengajar.
"Juga memastikan bahwa pelatihan-pelatihan guru yang ada sekarang itu sifatnya bukan hanya teoretis. Tapi itu sifatnya praktik dan benar-benar belajar di dalam sekolah lain yang kualitasnya lebih baik. Bukan hanya dalam suatu seminar atau ditunjukkan PPT," ujar Nadiem.

Lebih lanjut Nadiem juga ingin guru benar-benar berinteraksi dengan guru lain saat melakukan pelatihan. Dengan cara demikian, kata Nadiem, mereka akan mendapatkan masukan atau feedback.
"Tapi proses pelatihan guru dilakukan dengan interaksi guru dengan guru dalam classroom dengan observasi dan feedback," sambungnya. (detikcom/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments