Rabu, 18 Sep 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Kontingen ITM Juara I Foteminar Mix Grup di IMT-GT 2019

Kontingen ITM Juara I Foteminar Mix Grup di IMT-GT 2019

admin Senin, 09 September 2019 17:24 WIB
SIB/Dok
IKUT IMT-GT: Tim mahasiswa ITM dan piagam juara I Seminar Mix Grup di even tahunan IMT-GT di Walailak University, Nakhon Si Tamarat Thailand foto bersama usai menerima hadiah dan sertifikat.
Medan (SIB) -Tim mahasiswa Institut Teknologi Medan (ITM) berhasil memperoleh 1 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu kategori Mix Grup di even tahunan Indonesia-Malaysia -Thailand Growth Triangle (IMT-GT) di Walailak University, Nakhon Si Tamarat, Thailand, 22-29 Agustus 2019.

Ketua Tim ITM Syafrawali kepada wartawan di kampus Jalan Gedung Arca Medan, Kamis (5/9) memberikan apresiasi atas prestasi dan keberhasilan mahasiswa yang sudah mengikuti even bergengsi bertaraf internasional itu.

Kata Syafrawali yang juga Kepala Biro Akademik ITM ini, ada tiga kategori seminar yang diperlombakan antara Mix Paper dan Mix Presentation serta Mix Group. Tim mahasiswa 9 orang ini mampu mengungguli peserta lain termasuk mahasiswa Thailand, Malaysia, Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh.

Sementara untuk cabang olahraga seperti sepakbola dan badminton, kontingen ITM tidak memperoleh medali, karena mahasiswa Unimed, Unsyiah Banda Aceh dan mahasiswa Thailand sangat tangguh dan sulit dikalahkan.

Karenanya kata Syafrawali, ke depan untuk kedua cabang olahraga baik sepakbola maupun badminton akan dilakukan pembenahan pelatihnya untuk mengejar prestasi di 2020 mendatang. Hal ini dilakukan mengingat 2000 lalu, mahasiswa ITM pernah berjaya dan juara di cabang badminton waktu itu.

Bagi ITM, kegiatan even IMT-GT ini sangat bermanfaat karena mahasiswa bisa berinteraksi dengan negara yang berbeda kultur dan bahasa. Lomba seminar ini lebih ilmiah karena pola akademik di perguruan tinggi juga berbeda di negara peserta IMT-GT. "ITM siap mengantisipasi perguruan tinggi asing dan harus berdaya saing untuk menghasilkan lulusan berkualitas," jelasnya.

Kegiatan ini juga untuk membangun kerjasama yang akan lebih mudah, karena wadah IMT-GT ini sebagai alat pemersatu bagi kedua perguruan tinggi di ITM. "Karena ada wadah seperti ITM yang telah bekerjasama dengan UniMAP dan University Sriwijaya Thailand yang sudah terjalin kerjasama sampai saat ini tetap baik," ujarnya.

Perlombaan yang diikuti sepak bola, badminton, dan seminar. Even tahunan IMT-GT ini diikuti 12 univeritas, 4 dari Indonesia perwakilannya dari Sumut (Unsyiah, USU, Unimed, ITM), 4 dari Malaysia (USM, UUM, UiTM, UniMAP), 4 dari Thailand (TSU, PSU, Raja Manggala, Walailak).

"Tahun 2018, kita menyabet dua medali dari lomba badminton dan seminar. Badminton mendapat medali perak, sedangkan seminar medali emas," kata Syafrawali seraya menambahkan, Unsyiah Banda Aceh akan menjadi tuan rumah penyelenggara IMT-GT 2020. (M01/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments