Jumat, 19 Jul 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Eduard Sigalingging Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan dari IPDN

Eduard Sigalingging Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan dari IPDN

admin Senin, 01 Juli 2019 17:57 WIB
SIB/Dok
RAIH DOKTOR : DR Eduard Sigalingging usai sidang ujian doktoral di Kampus IPDN Jatinangor, Jawa Barat.
Jakarta (SIB) -Eduard Sigalingging, seorang pejabat karir di Kementerian Dalam Negeri meraih gelar Doktor Bidang Ilmu Pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Jawa Barat, Kamis (27/6). Eduard Sigalingging yang saat ini menjabat Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan, Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemdagri meraih gelar doktor dengan disertasi "Analisis Pelayanan Kesehatan Berbasis Standar Pelayanan Minimal di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Eduard Sigalingging, putra kelahiran Pangururan, Kabupaten Samosir 2 Februari 1961 ini melakukan penelitian untuk mengetahui pelayanan kesehatan berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Kabupaten Samosir. Konsep dan tiori penelitian terdiri dari ilmu pemerintahan, manajemen pemerintahan, manajemen pelayanan publik, manajemen pelayanan kesehatan berdasarkan standar pelayanan minimal (SPM). Dalam penelitiannya, Eduard menyebut salah satu penyebab tidak optimalnya pelayanan kesehatan di Kabupaten Samosir adalah faktor cultur dan faktor agility.

"Kepercayaan masyarakat terhadap gangguan kesehatan lebih disebabkan oleh faktor faktor gaib dan tingkat pengetahuan tentang kesehatan yang masih rendah menjadi penyebabnya," ujar Eduard.

Untuk mengatasi hal ini, Eduard menawarkan model HoRAS (Holistic, Responsiveness, Action, Statusfied). Dimana Holistic merupakan pemberian pelayanan yang nenyeluruh dengan memperhatikan aspek-aspek yang saling mempengaruhi dan saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Responsiveness merupakan pemberian pelayanan yang cepat, tanggap dengan kesadaran akan tanggungjawab dengan sungguh sungguh. Sementara Action adalah suatu tindakan atau aksi dalam pemberian pelayanan sesuai dengan standar operasional prosedur. Sedangkan statisfied adalah pemberian pelayanan yang sangat memuaskan baik kualitas maupun kuantitas. (BR10/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments