Jumat, 24 Mei 2019

Dua Mahasiswa USU Raih Emas Lomba di Rusia

admin Senin, 08 April 2019 22:10 WIB
SIB/Eddy Bukit
RAIH EMAS: Wakil Rektor I USU Prof Rosmayati di USU didampingi mahasiswa dan pembimbing menjelaskan keberhasilan mahasiswa USU yang meraih emas di Rusia, Jumat (5/4).
Medan (SIB) -Dua mahasiswa mengharumkan nama Universitas Sumatera Utara (USU) di kancah internasional. Mereka adalah Winelda Mahfud Zaidan Haris dan Wahid Nurhayat. Keduanya berhasil meraih 3 medali emas dan 1 piala special award dari pemerintah Rusia di ajang "22nd Moscow International Salon of Inventions and Innovative Technologies Archimedes", di Moscow, Rusia.

Wakil Rektor I USU Prof Rosmayati di USU, Jumat (5/4) mengatakan, keberhasilan mereka setelah membawa topik tentang inovasi pada pembuatan kanvas rem. Kemenangan keduanya yang dibimbing Juliaster Marbun membawa harum nama USU dan bangsa.
"Mahasiswa USU atas nama Wiwin dan Wahid berhasil mendapatkan 3 medali emas di Moscow," ujarnya.

Winelda Mahfud Zaidan Haris merupakan mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Gigi angkatan tahun 2015 dan Wahid Nurhayat dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam angkatan tahun 2017.

Lomba yang digelar 26 Maret-29 Maret 2019 itu untuk menemukan inovasi baru dalam dunia industri yang potensial untuk dipatenkan dan dikembangkan secara komersial. Kegiatan ini didukung oleh beberapa kementerian di pemerintahan Rusia dan menyedot perhatian para penemu dari berbagai belahan dunia.

Kemenangan dua mahasiswa USU ini kebanggaan tersendiri, karena mereka mampu menang di kompetisi level internasional yang diikuti peserta dari berbagai negara. Bahkan tahun lalu lomba ini diikuti 22 negara dan menghadirkan 1.100 inovasi baru.

Winelda menjelaskan dengan kanvas rem yang berbahan cangkang kemiri ini lebih murah biayanya dan lebih tahan lama. Dalam waktu dekat akan dijual secara komersial, untuk tahap awal untuk rem sepedamotor. (A01/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments