Minggu, 25 Agu 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Dr Ir Syamsul Arifin: Desain Kurikulum dengan Pendekatan OBE Penting Bagi Dunia Pendidikan Tinggi

Dr Ir Syamsul Arifin: Desain Kurikulum dengan Pendekatan OBE Penting Bagi Dunia Pendidikan Tinggi

admin Senin, 12 Agustus 2019 20:47 WIB
Dr Ir Syamsul Arifin MT.
Medan (SIB) -Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) menggelar Workshop Desain dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi dengan Pendekatan Outcomes Based Education (OBE) Sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti).

Pelatihan yang digelar selama dua hari (6-7 Agustus 2019) di gedung A Unpab, Jalan Gatot Subroto Medan itu, menghadirkan pembicara tim ahli kurikulum Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Dr Ir Syamsul Arifin MT.

Rektor Unpab Dr H Muhammad Isa Indrawan SE MM mengatakan, pelatihan atau workshop ini dilaksanakan agar Unpab mampu menyusun kerangka kurikulum pendidikan tinggi dengan pendekatan OBE berdasarkan KKNI dan SN Dikti.

"Tujuan pelatihan ini tidak hanya memberikan pemahaman tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia atau KKNI pada dosen, tapi juga agar kurikulum lebih terarah dan terorganisir. Kemudian lulusan lebih terarah kepada kebutuhan industri dan stakeholder," kata rektor.

Narasumber Dr Ir Syamsul Arifin MT mengatakan, penerapan Outcomes Based Education (OBE) merupakan penyempurnaan terhadap sistem akreditasi nasional yang selama ini digunakan. Hal ini sejalan dengan sebagian besar lembaga akreditasi/sertifikasi internasional yang telah menggunakan OBE sebagai basis evaluasinya.

"Karena itu, desain kurikulum dengan pendekatan OBE penting bagi para pemangku kepentingan di dunia pendidikan tinggi. Parameter penting dalam OBE adalah capaian pembelajaran (outcomes)," kata Syamsul.

Dijelaskannya, asesmen dan evaluasi pencapaian pembelajaran merupakan basis penjaminan mutu dan perencanaan strategi akademik. Hal ini menuntut perubahan dalam berbagai aspek pelaksanaan pendidikan, mulai dari penentuan profil lulusan, penentuan capaian pembelajaran, perancangan kurikulum, asesmen capaian pembelajaran, evaluasi, dan tindakan perbaikan berkelanjutan.
"Selain perubahan mendasar tersebut, perguruan tinggi dan program studi juga harus mengawal dan memelihara keberlangsungan dan pertumbuhannya," katanya. (M01/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments