Selasa, 12 Nov 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Dorong Dosen dan Mahasiswa Lahirkan Riset yang Bermutu di Sumut, BINS Siapkan Rp 2,5 Miliar

Dorong Dosen dan Mahasiswa Lahirkan Riset yang Bermutu di Sumut, BINS Siapkan Rp 2,5 Miliar

admin Senin, 12 Agustus 2019 20:54 WIB
SIB/Eddy Bukit
CINDRAMATA: Wakil Dekan I FEB USU Prof Dr Prihatin Lumbanraja serahkan cindramata kepada Kepala Pusat Riset Reza Anglingkusumo, disaksikan Ketua Panitia Coki Ahmad Syahwier, Prof Iwan Jaya Aziz (Visiting Researcher BINS) dan yang lainnya di aula FEB, Kamis (8/8).
Medan (SIB) -Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sumatera Utara (USU) bekerjasama dengan Bank Indonesia Institute (BINS) menggelar Training of Trainers (ToT) Riset, Diseminasi Jurnal Bank Indonesia dan sosialisasi program hibah dan kerjasama riset di aula FEB USU, Kamis (8/8).

Kegiatan dibuka Kepala Pusat Riset BINS Reza Anglingkusumo, berlangsung, Kamis dan Jumat (9/8), diikuti 261 mahasiswa Strata 1,S2 (program master) dan S3 (Program doktoral), dari berbagai PTN dan PTS di Sumut-Aceh.

Reza mengatakan penandatangan kerjasama (PKS) bantuan penelitian atau riset ini merupakan landasan jembatan antara BI dengan dunia perguruan tinggi untuk bekerjasama baik di bidang penelitian, bantuan penelitian, edukasi ke bank sentral, kuliah umum, pemberian beasiswa, ToT dan berbagai kegiatan lainnya.

Menurutnya, BI menilai Perguruan Tinggi (PT) memiliki peran untuk mengurusi masa depan generasi muda bangsa. Karenanya, BI tidak pernah menolak dan menyambut baik setiap kerjasama yang disampaikan PT. "Ke depannya, BI mendorong agar PT terus meningkatkan program link and match antara kampus dan dunia kerja sehingga nantinya akan melahirkan lulusan siap kerja," katanya.

BI juga berharap setiap kegiatan penelitian dan pembelajaran di PT, nantinya dapat berkontribusi bagi setiap perumusan kebijakan publik, ekonomi dan moneter di Indonesia. Untuk itu kegiatan ini digelar untuk mendorong melahirkan riset-riset yang bermutu yang bernilai guna sebagai rumusan kebijakan ekonomi moneter serta kebijakan keuangan di tanah air.

Menurutnya, saat ini BI juga telah berkontribusi bagi dunia riset dan keilmuan di PT dengan mengelola dua jurnal yakni Journal of Islamic Monetary and Finance (JIMF) dan Bulletin of Monetary Economics and Banking (BMEB)."Salah satu jurnal yang kami kelola ini yakni BMEB sudah terindeks Scopus," katanya.

Sebelumnya, Wakil Dekan I FEB USU Prof Dr Prihatin Lumbanraja mewakili Dekan Prof Dr Ramli menyatakan, sangat berterimakasih pada BI Institute.

Dikatakannya, kegiatan ini sangat strategis untuk membantu meningkatkan kemampuan dan pengembangan intelektual mahasiswa baik strata satu, dua maupun tiga. "Kita berharap kerjasama ini nantinya terus berkelanjutan guna membantu para mahasiswa dalam melahirkan riset-riset yang bermutu, sehingga bisa bermanfaat bagi semua pihak, termasuk pemegang dan pengemban kebijakan," katanya.

Dalam ToT tersebut juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama antara BINS yang diwakili Kepala Pusat Riset Reza Anglingkusumo dengan FEB USU yang diwakili Wakil Dekan III Prof Dr Arlina Nurbaiti Lubis, terkait bantuan penelitian.

Setelah itu dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu moderator Coki Ahmad Syahwier SE MP dengan pembicara sesi pertama Prof Iwan Jaya Aziz merupakan Visiting Researcher BINS juga Guru Besar Cornell University USA. Berikutnya tampil Dr Ali Sakti merupakan Economist BINS juga peneliti serat pengelola jurnal JIMF dan BMEB.

Ali Sakti ketika diwawancarai wartawan mengutarakan ini program khusus Bank Indonesia Institute (BINS) sudah 2 tahun sejak 2018, mengalokasikan anggaran berkisar Rp 1 miliar per tahunnya untuk membantu riset dan penelitian/skripsi (S1), tesis (S2) dan desertasi (S3 para mahasiswa, serta Rp1,5 miliar untuk risert grand (untuk dosen). (M01/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments