Minggu, 22 Sep 2019

Biaya Pendidikan di Thailand Tertinggi di Dunia

*Kemampuan Belajar Siswa Rendah
Senin, 13 Januari 2014 16:04 WIB
Bangkok (SIB)- Pengeluaran pendidikan di  Thailand terdiri empat persen dari produk domestik bruto atau 20 persen dari APBN, merupakan tertinggi di dunia, menurut temuan penelitian oleh Universitas Mahidol.

Lembaga Pembangunan Anak dan Keluarga Nasional yang melakukan penelitian pada sistem pendidikan Thailand menyimpulkan, bahwa pengeluaran untuk pendidikan dasar setinggi 35.000 bath per orang per tahun sementara orangtua harus membayar rata-rata 25.000-35.000 per  siswa setiap tahun sebagai tambahan ekstra.

Meskipun pengeluaran tinggi, namun kesenjangan pendidikan negara - kinerja yang disampaikan - tetap lebar dan membutuhkan perbaikan.

Jam belajar bagi siswa Thailand lima kali lebih banyak dari negara-negara seperti Amerika Serikat dan Kanada di mana siswa menghabiskan 600-700 jam di kelas sementara siswa Thailand 2.000-3.600 jam.

Meskipun pengeluaran negara tinggi di bidang pendidikan dan kelas tambahan untuk anak-anak, namun kemampuan belajar siswa Thai juga dinilai "agak rendah".

Suriyadev Tripati, direktur institut, menyerukan reformasi pendidikan dalam jangka pendek, menengah dan panjang, perubahan alam metode pengajaran dan sistem evaluasi sementara program pendidikan harus dikembangkan sesuai dengan kemampuan manusia di abad ke-21.

Dalam jangka panjang, sumber daya manusia Thailand harus dikembangkan sehingga orang menjadi otak bangsa, katanya menegaskan. (Ant/f)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments