Jumat, 20 September 2024

Inilah 10 Kampus Terkemuka di Asia 2024, Apakah Kampusmu Ada ?

Robert Banjarnahor - Kamis, 19 September 2024 11:17 WIB
99 view
Inilah 10 Kampus Terkemuka di Asia 2024, Apakah Kampusmu Ada ?
Foto: Dok Tsinghua University
Tsinghua University, China
Jakarta (harianSIB.com)
Salah satu faktor penting yang dipertimbangkan oleh calon mahasiswa saat memilih universitas adalah dengan melihat reputasi kampus. Ranking universitas yang tinggi biasanya mencerminkan kualitas pendidikan, fasilitas, serta lingkungan akademik yang mendukung.

Selain itu, universitas dengan peringkat baik juga sering kali meningkatkan gengsi dan kebanggaan bagi mahasiswa serta alumninya, karena lulusan dari kampus-kampus tersebut cenderung lebih diakui di dunia kerja dan memiliki jaringan alumni yang kuat.

Times Higher Education belum lama ini merilis daftar universitas terbaik di Asia. Tsinghua University, China. Peking University, China dan National University of Singapore, Singapura menduduki peringkat tiga besar dalam daftar tersebut.

Baca Juga:

Singapura berhasil menduduki daftar lima besar peringkat universitas terbaik di Asia serta menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang "menghuni" daftar 10 besar. Sayangnya, tak ada satupun universitas dari Indonesia yang berhasil masuk 10 besar.

Dalam daftar keseluruhan yang mencakup lebih dari 600 perguruan tinggi di Asia, Jepang dilaporkan sebagai negara penyumbang kampus terbaik terbanyak di Asia, yakni sebanyak 119 universitas. Kemudian, diikuti oleh India dengan 91 universitas dan China dengan total 86.

Baca Juga:

Dalam memberikan peringkat, lembaga tersebut mempertimbangkan 18 indikator kinerja, termasuk pengajaran, lingkungan penelitian, kualitas penelitian, pandangan internasional, dan industri.

Berikut daftar 10 universitas terbaik di Asia menurut daftar "Best Universities in Asia 2024" oleh Times Higher Education, dikutip dari CNBC Indonesia.

1. Tsinghua University, China
2. Peking University, China
3. National University of Singapore, Singapura
4. Nanyang Technological University, Singapura
5. University of Tokyo, Jepang
6. University of Hong Kong, Hong Kong
7. Shanghai Jiao Tong University, China
8. Fudan University, China
9. Zhejiang University, China
10. Chinese University of Hong Kong, Hong Kong (*)

Editor
: Robert Banjarnahor
SHARE:
komentar
beritaTerbaru