Sabtu, 25 Mei 2019
  • Home
  • Pemilu
  • Terdakwa Caleg PKB di Banten Ngaku Khilaf Deklarasi Jokowi-Ma'ruf di Musala

Terdakwa Caleg PKB di Banten Ngaku Khilaf Deklarasi Jokowi-Ma'ruf di Musala

admin Kamis, 09 Mei 2019 16:49 WIB
Ilustrasi
Serang (SIB) -Caleg PKB Dapil 1 Kabupaten Serang, Abdul Gofur yang didakwa melanggar pidana Pemilu karena kampanye dan deklarasi di musala. Gofur mengaku khilaf.

Gofur menyampaikan itu saat sidang di Pengadilan Negeri (PN) Serang, Jl Serang-Pandeglang, Banten, Rabu (8/5). Jaksa awalnya bertanya soal alasannya kampanye di tempat ibadah.

"Saya khilaf," kata Gofur saat ditanya Jaksa Penuntut Umum (JPU) Edwar.

Gofur mengatakan, di setiap kampanye ia memang selalu menyelipkan deklarasi dukungan pada pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Kebetulan, katanya, Musala Darussalam di Kampung Ragas, Desa Masigit, Kecamatan Carenang adalah kampung saudara-saudaranya. Dia mengaku terpaksa deklarasi di musala karena di luar hujan.

"Karena posisi hujan, saya pikir itu musala bukan hanya untuk kegiatan agama," katanya.

Soal spanduk berisi dukungan diakui juga adalah miliknya. Spanduk itu digunakan untuk dibentangkan saat deklarasi bersama warga.

Sementara, saksi pelapor Aliman mengaku melaporkan terdakwa karena deklarasi di tempat ibadah ke Bawaslu. Saat itu sekitar Maret 2019, ia melihat status Facebook terdakwa berisi deklarasi.

"Pertama di akun facebook dengan nama Abdul Gofur, isi video itu deklarasi dukungan presiden dan wakil presiden dan beliau sendiri," papar Aliman dan persidangan.

Selain itu, terdakwa juga katanya mengunggah status deklarasi di akun WhatsApp sekitar tanggal 12 Maret. Dari situ, ia kemudian melapor kepada Bawaslu Serang. (detikcom/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments