Jumat, 15 Nov 2019
  • Home
  • Pemilu
  • Survei Charta Politika: PDIP-Gerindra Kuasai DKI

Survei Charta Politika: PDIP-Gerindra Kuasai DKI

admin Selasa, 12 Februari 2019 17:42 WIB
SIB/INT
Ilustrasi
Jakarta (SIB)-Lembaga survei Charta Politika merilis hasil surveinya tentang elektabilitas partai politik di daerah pemilihan DKI Jakarta 1, DKI Jakarta 2, dan DKI Jakarta 3. Hasilnya, PDIP dan Gerindra mendominasi suara di ketiga dapil tersebut.
Survei dilaksanakan pada tanggal 18-25 Januari 2019. Survei dilaksanakan dengan wawancara tatap muka pada 2.400 responden total atau 800 responden di tiap dapil. Margin of error di tiap dapil kurang lebih 3,4 persen. Survei dilakukan di DKI Jakarta karena dianggap sebagai barometer nasional.

"Kalau kita lihat, ini proporsional tertutup ya. Kita menyodorkan simulasi gambar partai, kita tanya kepada pemilih atau masyarakat di DKI 1, 2, dan 3, seandainya pileg untuk memilih anggota DPR RI dilakukan hari ini maka hasilnya, kita melihat bahwa di dapil DKI 1 itu yang unggul masih PDIP 17,6 persen, kemudian Gerindra 14,0 persen," kata Direktur Riset Charta Politika, Muslimin, di Resto Es Teler 77, Jalan Adityawarman, Jakarta Selatan, Senin (11/2).

Di dapil DKI 2, Gerindra memimpin dengan 27,0 persen suara disusul PDIP dengan 24,6 persen suara. Untuk dapil DKI 2, Charta Politika tidak mengambil sampel pemilih luar negeri karena ada kendala faktor teknis.

"Di dapil DKI 3 ini unggul paling banyak ada PDIP 29,4 persen, Gerindra 21,1 persen, nomor 3 ada PKS (7,0 persen), nomor 4 Golkar 5,5 persen, PAN 5,1 persen," ujar Muslimin.

Menurut Muslimin, efek ekor jas atau coattail effect sangat berpengaruh dalam pemilihan caleg di DKI Jakarta. Capres dan cawapres disebut mempengaruhi pemilih dalam memilih partai pengusung masing-masing calon.

"Kalau kita lihat komposisinya PDIP dan Gerindra karena memang bagaimana kemudian kita bisa katakan bahwa coattail effect di DKI capres dan cawapres mempengaruhi pilihan terhadap partai pengusung itu cukup berpengaruh di DKI 1, 2, dan bahkan 3," jelasnya. (detikcom/d)
T#gs Survei Charta Politika: PDIP-Gerindra Kuasai DKI
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments