Kamis, 19 Sep 2019
  • Home
  • Pemilu
  • Paslon Rap Ber Juang Tabur Benih Ikan Pora-pora dan Ihan Batak ke Danau Toba

Kampanye Pilkada

Paslon Rap Ber Juang Tabur Benih Ikan Pora-pora dan Ihan Batak ke Danau Toba

Kamis, 03 Desember 2015 19:58 WIB
Samosir (SIB)- Pasangan calon bupati/wakil bupati Samosir nomor urut 4 usungan PDI Perjuangan Rapidin Simbolon-Juang Sinaga dengan jargon Rap Ber Juang menabur 350 ribu benih ikan pora-pora dan 100 ribu ekor  Ihan Batak di perairan Danau Toba di  Dusun Sitanggang Bau, Desa Parsaoran I Kecamatan Pangururan, Selasa, (1/12) pagi.

Cabup Rapidin Simbolon mengatakan, dengan penaburan benih ikan ini, populasi ikan pora-pora yang akhir-akhir ini semakin langka diharapkan semakin meningkat dan dapat membantu perekonomian masyarakat.

Ditambahkannya, penaburan benih ikan tersebut sebagai bentuk komitmen Paslon Rap Ber Juang yang pro rakyat dan membantu ekonomi lemah.

Sementara Cawabup Juang Sinaga mengharapkan masyarakat melestarikan Ihan Batak. Dia menghimbau para nelayan apabila Ihan Batak masih anakan dapat jaring, sebaiknya melepasnya karena Ihan Batak sudah langka.

Juang Sinaga menambahkan, Ihan Batak sangat dibutuhkan saat ada acara adat suku Batak, tetapi saat ini sudah langka dan susah mendapatkannya. Untuk itu, dia mengajak seluruh nelayan di lokasi penaburan benih supaya sama-sama menjaga pelestarian Ihan Batak. “Melalui penaburan benih Ihan Batak (Ikan Batak) ini  ke depannya masyarakat yang membutuhkan tidak kesulitan lagi kalau bersama-sama menjaga dan melestarikannya,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Kampanye Rap Ber Juang Jhonny Naibaho menjelaskan, penaburan benih ikan ini merupakan instruksi langsung  Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri.

“Karena bagi masyarakat kawasan Danau Toba, sebutan lain ikan pora-pora adalah ikan Megawati,” sebut Jhonny mantan ketua DPRD Samosir sembari menambahkan ikan pora-pora tersebut awalnya ditabur Presiden RI ke 5 itu dan dinikmati masyarakat sekira 10 tahun terakhir ini.

Turut melakukan penaburan benih ikan tersebut pengurus DPP PDI Perjuangan Enni Lumban Radja,  Ketua DPC PDI Perjuangan Samosir Sorta  Ertati Siahaan, Ketua DPRD Samosir, anggota DPRD DKI, Pandapotan Sinaga, pengurus DPD PDI Perjuangan Sumut, Lancar Siahaan, Ketua DPC PDI Perjuangan Medan, Hasyim.

Selanjutnya rombongan Paslon Rap Ber Juang konvoi ke tanah lapang Pangururan untuk kampanye rapat umum, yang dihadiri ribuan massa dari sembilan kecamatan di Samosir. Acara tersebut juga dihibur para artis dan pencipta lagu ibukota. (F05/d)

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments