Sabtu, 25 Mei 2019
  • Home
  • Pemilu
  • Klaim Lolos DPRD DKI, 8 Caleg PSI Laporkan LHKPN ke KPK

Klaim Lolos DPRD DKI, 8 Caleg PSI Laporkan LHKPN ke KPK

admin Rabu, 15 Mei 2019 15:17 WIB
Ketua DPW PSI Jakarta
Jakarta (SIB) -Sebanyak 8 calon anggota legislatif (caleg) DPRD DKI Jakarta dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melaporkan LHKPN ke KPK. Pelaporan LHKPN itu sebagai salah satu syarat sebelum para caleg itu dilantik di DPRD DKI.

"Jadi kami pada siang hari ini, dengan pengurus dari PSI DKI Jakarta, termasuk sebagian dari Caleg yang dipastikan terpilih akan duduk di Kebon Sirih (DPRD DKI) sudah datang dan menyerahkan laporan LHKPN kepada KPK. Ini sebagai salah satu syarat caleg untuk bisa nanti dilantik," kata Ketua DPW PSI Jakarta Michael Victor Sianipar di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (14/5).

Michael mengatakan seluruh kader PSI yang akan duduk menjadi anggota dewan diwajibkan melaporkan LHKPN secara bertahap ke KPK. Dia menyebut untuk DKI Jakarta, setidaknya ada 8 caleg PSI yang diprediksi lolos ke DPRD DKI.

"Memang saat ini PSI masih menunggu rekapitulasi dari KPU DKI Jakarta dan baru 8 anggota DPRD yang bisa dipastikan akan duduk. Dapil 4 masih belum selesai. Semoga kami masih bisa tambah satu kursi lagi di sana," ujarnya.

Selain melaporkan LHKPN, Michael mengatakan PSI Jakarta juga mengajukan surat permohonan audiensi dengan pimpinan KPK. Audiensi itu untuk berdiskusi dan meminta masukan soal penerapan kode etik di KPK.

"Kami juga ingin bertemu dengan komisioner KPK intuk mempelajari kode etik yang dimiliki KPK. Kami sedang menyusun kode etik yang akan kami diterapkan ke Fraksi PSI," sebutnya.

Tak hanya itu, kader PSI Jakarta juga menyampaikan surat penyataan bersedia disadap jika nanti duduk menjadi anggota legislatif. Hal itu untuk memastikan tidak ada komunikasi diam-diam yang dilakukan kader PSI yang duduk menjadi anggota legislatif.

"Ini cara dari kami untuk memastikan tidak ada komunikasi yang dilakukan diam-diam, tapi kalau nanti ada laporan dari masyarakat, dari ASN di DKI bila ada anggota yang lakukan pemerasan atau yang lain-lain kami akan panggil anggota tersebut," kata Michael.
Berikut nama 8 caleg PSI yang melaporkan LHKPN ke KPK:

1.Idris Ahmad (Dapil 1 Jakarta Pusat)
2.Anthony Winza Probowo (Dapil 2 Jakarta Utara)
3.Viani Limardi (Dapil 3 Jakarta Utara)
4.Justin Adrian (Dapil 5 Jakarta Timur)
5.Anggara Wicitra Sastroamidjojo (Dapil 7 Jakarta Selatan)
6.August Hamonangan (Dapil 8 Jakarta Selatan)
7.William Aditya Sarana (Dapil 9 Jakarta Barat)
8.Eneng Maliyanasari (Dapil 10 Jakarta Barat) (detikcom/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments