Selasa, 19 Nov 2019
  • Home
  • Pemilu
  • KPK-Bawaslu Minta Semua Parpol Umumkan Rekam Jejak Caleg

KPK-Bawaslu Minta Semua Parpol Umumkan Rekam Jejak Caleg

admin Kamis, 28 Maret 2019 16:33 WIB
SIB/Ahmad Bil Wahid/detikcom
Anggota Bawaslu Rahmat Bagja dan Wakil Ketua KPK Laode M Syarif
Jakarta (SIB)-KPK bersama Bawaslu sepakat meminta semua partai politik (parpol) mendorong para calon anggota legislatif (caleg) secara transparan terbuka mengenai rekam jejaknya. Sikap itu dinilai berpihak pada masyarakat sebagai pertimbangan untuk menentukan pilihan.

"KPK mengimbau, termasuk Bawaslu mengimbau, kepada semua partai politik untuk mengemukakan daftar riwayat hidup dari masing-masing calon, karena memang ada pilihan boleh diumumkan, boleh tidak," ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (27/3).

Syarif menyampaikan hal itu bersama dengan anggota Bawaslu Rahmat Bagja. KPK memang mengundang Rahmat sebelumnya untuk berdiskusi di program Kanal KPK TV.

"Jadi intinya kita berharap pemilu berjalan lancar dan tidak ada money politic di dalam proses pemilihan umum maupun pemilihan legislatif yang sekarang," ujar Syarif.

Rahmat kemudian menambahkan bila rekam jejak yang diumumkan para caleg menjadi salah satu instrumen pencegahan politik uang. Dia juga meminta masyarakat lebih kritis sebelum menentukan pilihan.

"Itu juga untuk mereduksi politik uang banyak ada modus, dengan uang bisa bekerja dengan uang bisa ditawarkan pada pemilih untuk memilih yang bersangkutan," ujar Rahmat. (detikcom/d)
T#gs KPK-Bawaslu Minta Semua Parpol Umumkan Rekam Jejak Caleg
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments