Minggu, 08 Des 2019
  • Home
  • Pemilu
  • Jaksa Agung Perintahkan Seluruh Jaksa Kawal Pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019

Jaksa Agung Perintahkan Seluruh Jaksa Kawal Pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019

Admin Selasa, 27 November 2018 22:29 WIB
SIB/Dok
Jakarta (SIB) -Jaksa Agung HM Prasetyo memerintahkan seluruh anggota untuk mengawal pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan umum anggota legislatif dan presiden dan wakil presiden yang akan bergulir April 2019 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Jaksa Agung, Prasetyo saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) yang digelar di Grand Inna Hotel Sanur Bali, Senin (26/11).

"Segenap anggota PJI untuk turut serta memberi dukungan dan perhatian atas keberhasilan pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu April 2019 yang akan datang. Laksanakan tugas,  khususnya bagi personil jaksa yang ditunjuk sebagai anggota Sentra Gakumdu baik di pusat, propinsi maupun kabupaten dan kota," kata Prasetyo dalam kata sambutannya.

Menurut Prasetyo, insan jaksa harus mengenali setiap persoalan dan permasalahan secara komprehensif dan benar, kuasai semua regulasi peraturan perundangan yang relevan dengan tugas yang akan dijalankan dengan baik dan mendalam agar mampu tampil penuh percaya diri secara profesional saat menjalankan tugas bersama-sama dengan unsur lain secara terkoordinasi, secara baik dan benar.

Selain itu, Prasetyo juga mengingatkan jaksa mempunyai peranan penting dalam menjalankan tugas, fungsi dan kewenangan yang diemban agar selalu menjaga dengan baik sikap dan perilaku, menjauhkan diri dari segala bentuk perbuatan yang dapat merusak masa depan karier, nama baik diri sendiri, keluarga, kehormatan profesi maupun institusi. 

"Sejalan dengan itu, maka peran PJI menjadi sangat menentukan dalam upaya mencapai tujuan penegakan hukum yang baik dan benar yang menjadi dambaan masyarakat," ujarnya.

Karena kenyataan membuktikan, bahwa sebaik apapun peraturan perundangan disusun dan dirumuskan, hal itu tidak akan berarti dan tidak sepenuhnya dapat memberikan jaminan apapun bila manusia dan aparatur penegaknya ternyata tidak melaksanakannya dengan baik sebagaimana mestinya dengan penuh tanggung jawab, jujur, berintegritas, teruji, terpuji dan terpercaya.

"Saya ucapkan selamat mengikuti Munas PJI tahun 2018," tandasnya.

AKLAMASI
Sementara itu, dalam Munas tersebut, Setia Untung Arimuladi SH yang menjabat sebagai Kabadiklat terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum PJI periode 2019-2021.

Sebelumnya, mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Bambang Rukmono dan Fery Wibisono SH, ikut bersaing dengan Setia Untung Arimuladi maju sebagai Ketum PJI periode 2019-2021. Namun Bambang Rukmono dan Fery Wibisono langsung mengundurkan diri dari pencalonan.

Setia Untung Arimuladi pun akhirnya terpilih menjadi ketua umum PJI yang baru menggantikan Noor Rochmad yang akan memasuki masa pensiunan tahun depan.

Sementara itu dalam kata sambutannya, Setia Untung Arimuladi mengajak seluruh jaksa anggota PJI untuk bersama-sama bergandengan tangan memajukan PJI dengan melaksanakan berbagai kegiatan, terutama untuk meningkatkan kapasitas jaksa sesuai dengan tantangan dalam era digital.

"Mari kita bergandengan tangan bersama-sama membangun PJI, dengan membuat berbagai kegiatan, guna menjawab berbagai dalam penegakan hukum yang semakin komplek dewasa ini," pungkasnya.

Munas PJI yang berlangsung selama satu hari itu dihadiri 132 peserta. Keesokan harinya, di tempat yang sama, acara dilanjutkan dengan rapat kerja nasional kejaksaan. Rakernas dihadiri seluruh Kepala Kejaksaan di Indonesia. Termasuk Kejati Sumatera Utara. (J02/q)
Editor: Admin

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments