Minggu, 17 Nov 2019
  • Home
  • Pemilu
  • Jaga Independensi Debat, Panelis-Moderator Teken Pakta Integritas

Jaga Independensi Debat, Panelis-Moderator Teken Pakta Integritas

admin Kamis, 28 Maret 2019 16:22 WIB
SIB/Ant/Sigid Kurniawan
PAKTA INTEGRITAS PANELIS DAN MODERATOR DEBAT : Ketua KPU Arief Budiman (kanan) mendampingi para panelis menunjukkan pakta integritas debat keempat calon Presiden Pemilu 2019 di Jakarta, Rabu (27/3). KPU akan menyelenggarakan debat capres keempat pada Sabtu 30 Maret 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta
Jakarta (SIB)-KPU bersama seluruh panelis dan moderator debat Pilpres 2019 keempat menandatangani pakta integritas. Penandatanganan pakta integritas ini merupakan bentuk komitmen menjaga independensi dan integritas debat.

Penandatanganan dilakukan di ruang istana ballroom, Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta, Rabu (27/3). Acara tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Arief Budiman didampingi Komisioner KPU Viryan Aziz.

Moderator debat Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi juga turut hadir. Para panelis yakni Valina Singka Subekti, Zakiyuddin, J Haryatmoko, Erwan Agus Purwanto, Dadang Tri Sasongko, Al Araf, Apolo Safanpo, I Basis Eko Soesilo, Kusnanto Anggoro juga tak ketinggalan.

Arief menegaskan kepada para pihak yang menandatangani untuk mematuhi ketentuan yang tertuang dalam pakta integritas. Adapun aturan dimaksud salah satunya tidak membocorkan isi pertanyaan debat kepada masing-masing paslon.

"Beberapa poin yang disebut dalam pakta integritas kami harap dapat dipatuhi oleh panelis dan moderator. Terutama yang sering dipertanyakan banyak orang, apakah memberikan atau membocorkan kisi-kisi," kata Arief.

Arief juga berharap pertanyaan debat yang disusun tim panelis dapat dijawab oleh paslon.

"Mudah-mudahan rumusan pertanyaan yang disusun panelis bisa dijawab dalam debat paslon, dan palson dapat menyampaikan visi misi sesuai dengan tema debat," tuturnya.

Koordinator panelis Valina Singka Subekti memastikan pihaknya bekerja sungguh-sungguh dalam membuat pertanyaan. Dia menuturkan pertanyaan debat capres keempat telah disesuaikan dengan permasalahan yang ada di lapangan.

"Kami kerja sungguh-sungguh mempersiapkan materi sejak kemarin siang mendengarkan masukan dari para sumber, dan memulai identifikasi permasalahan dari tema debat yang nantinya akan jadi pertanyaan yang akan disampaikan pada debat capres," papar Valina. (detikcom/d)
T#gs Panelis-Moderator Teken Pakta IntegritasJaga Independensi Debat
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments