Senin, 22 Jul 2019

Wisata Taiwan, Ada Air yang Mengalir ke Atas

admin Minggu, 14 Juli 2019 15:49 WIB
SIB/TEMPO/Nur Alfiyah
Pengunjung menyaksikan objek wisata Water Running Up di Taitung, Taiwan. Di sini gaya gravitasi seolah tak berdaya karena air mengalir ke atas atau ke puncak bukit. Apakah benar begitu?
Kalau ada yang bilang semua air mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah, coba tengoklah dulu objek wisata Water Running Up di Taitung, Taiwan. Di sini, air justru mengalir dari bawah ke atas, secara alami. Gravitasi tak berdaya di sini.

Water Running Up mulanya adalah sebuah saluran irigasi kecil yang dibuat oleh suku Amis, penduduk asli setempat. Konon, mereka mengetahui gerakan airnya tak lumrah karena saat mandi air tak kunjung mengalir ke badan. "Tapi malah naik dari kaki ke wajah," kata Chang Wei Lin, pemandu yang membawa rombongan ke sana, Rabu, 3 Juli 2019.

Chang meminta wisatawan meletakkan daun di atas air irigasi. Benar saja, daun ini malah naik ke atas. Menanjak menyusuri aliran air yang semakin kencang ke atas. "Sampai sekarang belum ada yang bisa menjelaskan fenomena ini secara ilmiah," ujarnya.

Penjelasan dari papan informasi yang ditaruh di sana menunjukkan, air tersebut sebenarnya tak mengalir ke atas. Semua itu cuma ilusi mata karena pengaruh pemandangan di sekitar.

Kendati jalan di permukaan menanjak, fondasi saluran irigasi dibuat menurun sehingga air seolah mengalir ke atas. Ilusi ini membuat Water Running Up menjadi salah satu tempat yang menarik wisatawan. Banyak orang berkunjung ke sana dan menyusuri aliran irigasi sampai ke atas karena penasaran.
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments