Rabu, 13 Nov 2019

Wisata Jambi Berpotensi Diakui Sebagai Warisan Dunia

Minggu, 16 Maret 2014 23:22 WIB
Jambi (SIB)- Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Syahrasaddin mengatakan, sejumlah objek wisata di Jambi berpotensi mendapatkan pengakuan dunia, terutama dari Unseco.

Dua objek wisata, yaitu situs percandian Muarojambi dan Geopark Merangin saat ini sedang dalam proses untuk ditetapkan sebagai warisan dunia, kata Sekda saat membuka Musrenbang bidang kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif se-Provinsi Jambi di Jambi, Kamis.

Oleh karena itu, ia sangat mengapresiasikan terselenggaranya Musrenbang bidang pariwisata ini, yang diharapkan dapat mensinergikan perencanaan program dan kegiatan pembangunan kepariwisataan Provinsi Jambi di tahun 2015.

Dalam upaya mengoptimalkan pengembangan potensi kebudayaan dan pariwisata, Pemerintah Provinsi Jambi telah melaksanakan berbagai program pembangunan yang tertuang kedalam Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) Provinsi Jambi 2010-2015, melalui visi Jambi Emas (Ekonomi Maju, Aman, Adil dan Sejahtera).

Peranan kebudayaan yang begitu krusial sebagai pembangunan jati diri dan martabat bangsa, sehingga kebijakan pemerintah idealnya adalah untuk pemenuhan hak-hak asasi manusia, kemajuan peradaban, persatuan dan kesatuan, serta kesejahteraan masyarakat.

"Begitu juga pembangunan kepariwisataan yang menitikberatkan pada pengoptimalan pemanfaatan sumberdaya pariwisata untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesempatan kerja dan pendapatan masyarakat," kata Sekda.

Ia mengingatkan, dalam pembangunan kepariwisataan dibutuhkan adanya kerja sama dan dukungan yang baik antar SKPD di lingkup provinsi dan kabupaten/kota, termasuk stakeholder kepariwisataan dalam melestarikan dan mengembangkan potensi-potensi budaya dan pariwisata Provinsi Jambi.

Pengembangan ini juga harus memperhatikan aspek kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat lokal sehingga memberikan efek positif terhadap perekonomian masyarakat.


Simak berita selengkapnya di Harian Umum Sinar Indonesia Baru (SIB) edisi 16 Maret 2014. Atau akses melalui http://epaper.hariansib.co/ yang di up-date setiap pukul 13.00 WIB.



T#gs Wisata
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments