Senin, 30 Mar 2020
Banner Menu
Detail Utama 1
  • Home
  • Pariwisata
  • Tinuktuk, Sambal Khas Simalungun yang Berkhasiat Bagi Kesehatan

Kuliner

Tinuktuk, Sambal Khas Simalungun yang Berkhasiat Bagi Kesehatan

redaksisib Minggu, 08 Maret 2020 11:32 WIB
SIB/Mey Hendika Girsang

TINUKTUK: Tinuktuk atau Siralada sambal khas suku Simalungun yang bersumber dari rempah-rempah. Selain rasanya yang khas, sambal itu juga berkhasiat bagi kesehatan. Foto dipetik, Senin (2/3). 

Tinuktuk atau Siralada adalah sambal khas suku Simalungun. Bahannya bersumber dari rempah-rempah. Selain rasanya yang khas, sambal itu juga berkhasiat bagi kesehatan.

Adapun bahan tinuktuk adalah jahe merah, kencur, kemiri, andaliman, lada, bawang merah, bawang putih, lengkio (bawang batak), beras sangrai dan garam.

Cara mengolahnya cukup sederhana. Setelah bahan tersedia, disatukan dalam lesung atau media lainnya, kemudian ditumbuk sampai halus dan merata. Setelah itu, siap untuk dikonsumsi.

Tinuktuk ini tanpa bahan kimia atau pengawet dan mampu bertahan 1 hingga 1,5 tahun tanpa basi atau berjamur. Rasanya 'bergetar' dan menambah selera makan.

Tinuktuk ini juga berkhasiat bagi kesehatan, seperti membuat badan tetap fit terutama bagi mereka yang sering bekerja keras, menghangatkan badan, membuat tidur semakin nyenyak.

"Khusus bagi ibu-ibu yang baru melahirkan normal tanpa operasi cesar, tinuktuk dapat membantu membersihkan darah kotor. Selain itu, jika badan meriang, tinuktuk juga dapat mengurangi rasa sakit itu," kata ibu Karianna Boru Purba Pakpak yang sudah 20 tahun lebih mengolah sambal tinuktuk, Senin (2/3) di Saribudolok.

Tinuktuk ini dapat diperoleh di Saribudolok Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun. Bisa dibeli Rp 30 ribu dengan ukuran tertentu dan bisa juga lebih banyak. Silahkan dicoba! (S06/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments