Selasa, 22 Sep 2020
  • Home
  • Pariwisata
  • Thailand Berencana Rombak Penjara di Seluruh Negeri Jadi Tempat Wisata

Thailand Berencana Rombak Penjara di Seluruh Negeri Jadi Tempat Wisata

Minggu, 13 September 2020 18:55 WIB
dok.Unsplash/Novi Thedora

Ilustrasi penjara. 

Departemen Pemasyarakatan Thailand membuat terobosan. Mereka berencana mengubah 72 penjara di seluruh negeri menjadi tempat wisata untuk meningkatkan minat wisatawan.

Rencana itu diungkapkan oleh Menteri Kehakiman Thailand Somsak Thepsuthin. Rencananya, 72 dari 143 penjara di negara tersebut akan dibuka untuk wisatawan dalam satu tahun ke depan.

Dilansir dari South China Morning Post, 28 Agustus 2020, pembukaan lembaga pemasyarakatan (lapas) sebagai destinasi wisata itu tak sekadar pelesiran melihat sel demi sel, tapi ada kegiatan dari para narapidana dan pegawainya. Atraksi yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari acara kontes masak dari para koki di balik jeruji besi sampai pembuatan suvenir dari hasil karya para napi.

Selain itu, penjara di Thailand akan masuk dalam serial televisi di Netflix. Sekitar empat sampai lima penjara telah memulai skema pariwisata sebagai proyek percontohan.

Somsak mengatakan penjara di Trat, Rayong, Ratchaburi dan Nakhon Ratchasima terlibat dalam proyek ini. Somsak menambahakan bahwa pada 2021, ada 67 atraksi lainnya yang akan dimulai.

Somsak berharap beberapa atraksi, seperti lomba memasak, akan memotivasi narapidana untuk mempelajari keterampilan yang membantu mereka mendapatkan pekerjaan setelah dibebaskan. Ia juga mengungkapkan keinginan untuk mengubah citra penjara yang dikenal sebagai "dunia senja" menjadi "dunia peluang".

Bukan Konsep Baru
Bagi para narapidana yang berkontribusi di atraksi ini juga akan mendapatkan uang. Namun, ia tidak mengungkapkan berapa jumlah biaya yang mereka dapat dari Departemen Permasyarakatan Thailand. Kalau nanti penjara-penjara itu menjadi populer, Kementerian Kehakiman akan bekerja sama dengan Kementerian Olahraga dan Pariwisata untuk berpromosi.

Sementara itu, Departemen Pemasyarakatan Thailand sudah menyiapkan personel dan lokasi untuk menerapkan kebijakan tersebut. Banyak penjara sudah ditempatkan di rute wisata yang ada.

Pemerintah Thailand berharap cara itu menambah jumlah turis sekaligus mengubah citra penjara, juga mempersiapkan narapidana untuk kehidupan normal dalam masyarakat. Konsep wisata penjara sebenarnya bukanlah hal baru.

Ada tur di penjara Alcatraz di San Francisco, Amerika Serikat dan penjara Hoa Lo yang terkenal di Hanoi, Vietnam dan sekarang menjadi museum. Beberapa bangunan bekas penjara bahkan telah diubah menjadi hotel mewah. (Lip/d)

T#gs BerencanaRombak PenjaraSeluruh NegeriTempat WisataThailand
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments