Minggu, 17 Nov 2019

Taiwan Promosikan Agrowisata di Jatim

Minggu, 20 April 2014 23:21 WIB
Surabaya (SIB)- Taiwan mulai gencar mempromosikan agrowisata di kawasan Jawa Timur menyusul tingkat kunjungan wisatawan asal Indonesia ke negara tersebut yang cenderung menurun.

"Kami ingin membangkitkan kembali kunjungan wisatawan dari Indonesia," kata Sales Manager Indonesia Branch China Airline Alwin Heodinata saat memaparkan tujuan wisata baru ke Taiwan melalui Leisure Farm Resort di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, tingkat kunjungan wisatawan asal Indonesia ke Taiwan terbilang tinggi, karena hampir setiap tahunnya mencapai 170 ribu orang. Hanya saja, kebanyakan dari mereka adalah tenaga kerja Indonesia (TKI) dan sebagian lagi pebisnis serta wisatawan.

Sedangkan untuk penumpang pesawat jurusan Taiwan melalui Surabaya tiap harinya hanya mencapai 150 orang. "Itu pun kebanyakan TKI. Sekitar 70 persen TKI di Taiwan berasal dari Jawa Timur, sedangkan untuk wisatawan sedikit," katanya.

Ia mengatakan pihaknya tidak berani memasang target berapa capaian warga Surabaya atau Indonesia yang datang berwisata di Taiwan, karena paket wisata yang ditawarkan berupa agrowisata juga terdapat di Jatim.

"Hanya saja yang membedakan agrowisata di Indonesia dan Taiwan adalah soal pengelolaannya saja. Ini yang menjadi daya tarik tersendiri Taiwan untuk mempromosikan ke Indonesia," katanya.

Hal sama juga diungkapkan operation Manager Aneka Kartika Tour dan Travel Ronald Gunawan, yang mengatakan untuk agrowisata, Jatim bisa dikatakan lebih bagus. Hanya saja, pengelolaannya kurang maksimal sehingga masih kalah jika dibandingkan dengan Taiwan.

Beberapa paket wisata yang ditawarkan di antaranya seperti Shangrila Leisure Farming, yang terletak di Dongshan Township, Yilan. Dari tempat itu, para wisatawan dapat menikmati akses mudah ke semua hal yang dapat ditemukan di sebuah kota yang hidup.

Wisatawan bisa bereksplorasi keluar, Kebun Raya Renshan, Pasar Malam Luodong, Dongshan River Water Park dan lainnya. Selain itu juga ada flying cow ranch resort atau peternakan dengan pemandangan bergaya Eropa, Dakeng Leiusre Farm Resort atau penginapan unik dengan atap kaca, Toucheng Leisure Farm Resort atau aneka masakan Taiwan dan lainnya. (Ant/d)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments