Jumat, 21 Feb 2020
  • Home
  • Pariwisata
  • Sai Kung, Pulau Wisata yang Jadi Tempat Karantina Virus Corona

Sai Kung, Pulau Wisata yang Jadi Tempat Karantina Virus Corona

Minggu, 02 Februari 2020 13:32 WIB
Alex Ogle / AFP

Pemandangan di Semenanjung Sai Kung, Hong Kong. 

Pemerintah Hong Kong menjadikan pulau wisata Semenanjung Sai Kung, Hong Kong, tempat karantina bagi orang yang diduga terjangkit virus corona.

Di pulau wisata itu, pasien virus corona bakal ditampung di area resor bernama Lady MacLehose Holiday Village. Pemerintah menyiapkan fasilitas kesehatan untuk pasien sejak 23 Januari 2020.

Petugas keamanan berjaga di depan pintu masuk, memeriksa dengan ketat orang yang hendak masuk atau ingin keluar area.
Data dari Leisure and Cultural Services Department menunjukkan bahwa resor seluas 13,2 hektare itu bisa menampung 268 orang dan memiliki 52 bungalow.
Dikutip dari situs resmi Badan Pariwisata Hong Kong, Semenanjung Sai Kung mulai dibuka sebagai pulau wisata sejak tahun 1980-an.

Sebagai pulau ke-dua yang terbesar di Hong Kong, Sai Kung disebut sebagai "halaman belakang Hong Kong" karena memiliki suasana teduh, pemandangan asri, dan jauh dari kesibukan ala perkotaan di Hong Kong.

Di sini pengunjung bisa melakukan beragam kegiatan wisata, mulai dari berenang, memancing, sampai mendaki.
Di sudut pulau juga terdapat kampung nelayan yang hasil tangkapannya juga bisa dinikmati di restoran-restoran seafood di sini.
Turis yang baru pertama kali datang ke Sai Kung pasti langsung beranjak ke High Island Reservoir's East Dam. Pastikan memiliki banyak waktu untuk datang ke sini, karena jaraknya lumayan jauh dari pusat kota Sai Kung.

Dari sini, turis bisa menikmati pemandangan bukit batu dan gua laut yang masuk dalam daftar UNESCO Global Geopark.
Tai Long Wan menjadi area favorit untuk berenang atau menyelam di Sai Kung. Di sini ada sejumlah pantai cantik yang bisa didatangi, seperti Sai Wan, Ham Tin, Tai Wan, dan Tung Wan.

Di sekitar Sai Kung juga ada beberapa pulau-pulau kecil yang bisa dikunjungi, seperti Sharp Island yang menawarkan pemandangan bawah laut nan apik dan Yim Tin Tsai Island.

Bagi yang ingin berkemah dengan nuansa wisata bahari mungkin bisa datang ke Grass Island, pulau rumput yang dihuni banyak sapi liar.

Walau Hong Kong sudah sebegitu modernnya, namun pemerintahnya masih memiliki area konservasi laut yang terus dijaga kelestariannya.

Tak berada jauh dari Sai Kung, ada Hoi Ha Wan Marine Park yang menjadi hunian 60 jenis terumbu karang dan 120 jenis ikan karang.

Di malam hari, Sai Kung menyajikan pemandangan langit yang sangat cerah. Bagi yang ingin menatap bintang, silakan datang ke Astropark. (CNNI/d)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments