Minggu, 20 Sep 2020
  • Home
  • Pariwisata
  • Pemkab Samosir Gelar Konsultasi Publik Penataan Water Front City Pangururan dan Kawasan Wisata Tele

Pemkab Samosir Gelar Konsultasi Publik Penataan Water Front City Pangururan dan Kawasan Wisata Tele

* HUT ke-75 RI, 10 Ribu Wisatawan Kunjungi Samosir
Minggu, 23 Agustus 2020 19:35 WIB
samosirkab.go.id

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM membuka secara resmi Konsultasi Publik Penataan Water Front City Pangururan dan Kawasan Wisata Tele Kabupaten Samosir KSPN Super Prioritas Danau Toba di Aula Hotel Dainang, Pangururan, Selasa (11/08).

Samosir (SIB)
Pemerintah Kabupaten Samosir melaksanakan konsultasi pubilk terkait penataan water front city Pangururan, kawasan wisata Tele dan kawasan super prioritas Nasional (KSPN), Selasa (11/8) di Aula Hotel Dainang Pangururan dan dibuka Bupati Rapidin Simbolon.

Demikian disampaikan Kadis Kominfo Rohani Bakara saat bincang-bincang dengan awak media di kantornya, Kamis (13/8).

Dikatakan Rohani, konsultasi publik tersebut diselenggarakan Bappeda Samosir, Kementerian PUPR Dirjen Cipta Karya dan pihak konsultan dengan tujuan untuk memberi kesempatan bagi para pemangku kepentingan menyampaikan aspirasi, memperoleh dukungan dan masukan terhadap perencanaan kegiatan meliputi instrumen pengelolaan lingkungan dan sosial.

"KSPN Danau Toba adalah salah satu dari 5 Kawasan Super Prioritas Pariwisata Nasional yang didorong pembangunannya.

Rencana pembangunan Water Front City Pangururan yang berada di sepanjang 1.5 Km tepi Danau Toba dan memiliki luas kawasan 6.4 hektar, dan Kawasan Wisata Panorama Tele, dengan ketinggian 1077 M di atas permukaan laut adalah dua lokasi di Kabupaten Samosir dan merupakan bagian KSPN Danau Toba yang memiliki potensi sebagai Cultural, Natural Adventure, dan Geo Tourism tingkat Internasional," jelas Rohani.

Selanjutnya Rohani menambahkan, potensi wisata kawasan Tele dengan 360º panorama gunung, lembah, bukit, air terjun hingga Pulau Samosir yang tampak dari kejauhan adalah aset yang harus dijaga seluruh pemangku kepentingan.

Dijelaskannya lagi, melalui acara konsultasi publik ini para pihak dapat memberikan masukan masukan demi kelancaran pembangunan yang akan dilaksanakan tersebut kepada tim Pemantau dan Evaluasi Proyek Strategis Nasional dari Kementerian PUPR, sebagaimana ditegaskan Bupati Samosir Rapidin Simbolon saat membuka acara tersebut.

Hadir dalam acara konsultasi publik ini di antaranya Tim dari Kementerian PUPR Dirjen Cipta Karya, Tim konsultan, Asisten, Bappeda Samosir, para Kepala OPD, Camat, Akedimisi, Tokoh masyarakat dan pemilik lahan.

Dibanjiri Wisatawan
Sementara itu, setelah penerapan adaptasi kebiasaan baru atau new normal di masa pandemi Covid-19, bertepatan hari libur perayaan HUT ke-75 RI, objek wisata di Kabupaten Samosir dibanjiri wisatawan.

"Selama dua hari, tercatat 10 ribu wisatawan mengunjungi objek wisata binaan Pemkab Samosir di 24 lokasi," sebut Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, kepada SIB, Rabu (19/8) melalui pesan WA nya.

Menurutnya, berdasarkan data dari Dinas Pariwisata, kunjungan wisatawan itu selama 2 hari, yakni Minggu (16/8) dan Senin (17/8) bertepatan perayaan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI objek wisata dipadati pengunjung.

Rapidin menambahkan, setiap objek penuh dengan pengunjung. "Ini tentunya menjadi semangat baru di masa pandemi Covid-19 ini," tegasnya.

Dia mengatakan, objek wisata yang paling ramai pengunjung adalah Air Terjun Efrata, penjualan souvenir Tomok, Menara Pandang Tele, Pasir Putih Parbaba dan Pantai Indah Situngkir.

Dari total 10 ribu pengunjung itu, ia membeberkan, bahwa Pemkab Samosir berhasil mengumpulkan PAD Rp 55 juta. "Maka total PAD sejak Januari sampai 17 Agustus 2020 mencapai Rp 574 juta," pungkasnya.

Geliat pariwisata Kabupaten Samosir, tak lepas dari upaya Pemkab Samosir yang telah mengambil kebijakan, agar wisatawan yang berkunjung tidak harus rapid test.

Namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah untuk tetap disiplin dan hanya mengizinkan wisatawan lokal. Sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 secara konsisten. (BR 11)

T#gs Kawasan Wisata TeleKonsultasi PublikPemkab SamosirWater Front City Pangururan
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments